Rabu, 28 Desember 2016

Berkarir Menjadi Desainer Grafis? Ini Tips Dasarnya!



Ketika seseorang memutuskan untuk menjadi seorang desain grafis dan mulai berkarir di bidang tersebut, maka dia sudah siap menerima semua konsekuensinya, baik itu bekerja secara profesional maupun menjadi seorang freelancer.

Yang dimaksud profesional disini adalah ia yang bekerja pada sebuah perusahaan dan freelancer adalah pegawai lepas yang tidak terikat di dalam sebuah perusahaan apapun.

Meskipun begitu, baik profesional maupun freelancer, seorang desainer grafis harus bisa meningkatkan kemampuan jasa desain logo dan bisa menjalani peran tersebut dengan maksimal.

Jika Anda tertarik memulai karir menjadi seorang desainer grafis, ini dia beberapa tips dasarnya.

Komunikasi Yang Efektif

Komunikasi dalam menjalani pekerjaan sebagai desainer grafis sangat penting. Komunikasi disini berarti ia harus bisa berhubungan baik dan langsung dengan klien mulai dari konsep grafis apa yang diinginkan dan kebutuhan apa yang klien mau.

Jangan ragu untuk bertanya jika memang Anda tidak mengerti apa yang klien inginkan. Lebih baik banyak bertanya, dibandingkan dengan sedikit bertanya tetapi hasil akhirnya tidak memuaskan karena tidak ada komunikasi dua arah dari Anda dan klien tersebut.

Selain itu, komunikasi yang stabil dengan klien membuat klien merasa bahwa Anda memperhatikan pekerjaan dan peduli hasilnya.  Jika Anda bisa mendapatkan kepercayaan klien, maka ini bisa menjadi kunci untuk pekerjaan dan proyek baru yang terus berlanjut.

Harga Yang Sesuai

Jika Anda seorang pemula di bidang desain grafis, pastikan Anda mempelajari pasar terlebih dahulu sebelum menawarkan sesuatu untuk klien Anda. Tentu saja, pada awalnya akan bijaksana untuk membuat harga sedikit lebih rendah daripada desainer grafis berpengalaman. Pada poin ini bisa menjadi saat yang tepat untuk menunjukkan kemampuan Anda.

Tunjukkan skill terbaik demi kepuasan klien, dan ketika mereka terpukau dengan hasil kerja Anda, so pasti grade Anda akan naik, tentunya akan menaikkan harga juga.

Ingat, jangan pernah meminta pembayaran dimuka sebesar jumlah yang disepakati karena dapat menakut-nakuti klien dan mereka akan pergi karena mereka tidak selalu bersedia membayar seluruh harga sebelum pekerjaan dilakukan bahkan ketika mereka menyewa desainer yang sangat berpengalaman.

Tingkatkan Kreatifitas

Apa yang diinginkan klien satu dengan yang lainnya pastinya berbeda, dan ini menjadi tugas Anda sebagai seorang desain grafis. Pastikan kreatifitas selalu di tingkatkan agar terciptanya hubungan baik dengan klien.

Kreatifitas juga bisa membuat portofolio Anda terlihat bagus. Disamping itu, dengan kreatifitas yang baik, hasil akhir grafis Anda tidak akan monoton dan lebih memiliki warna dan konsep yang tertata dengan baik.

Kesimpulan


Segala sesuatu membutuhkan proses, termasuk menjadi seorang yang ahli di suatu bidang tidak terkecuali menjadi seorang desainer grafis. Jangan takut mencoba, karena pengalaman akan menjadikan Anda sebagai seseorang yang baru. Cintai juga pekerjaan Anda sebagai seorang desain grafis, karena mungkin dari sanalah masa depan Anda yang cerah menanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar