Jumat, 30 Desember 2016

Tips Mendesain Poster Agar Menarik Dan Kreatif



Ketika kita tertarik atau menggemari seseorang, karakter atau film, kita pasti mengumpulkan benda yang berhubungan dengan hal tersebut seperti action figure atau pun poster.

Berbicara tentang poster, sebagai orang yang ahli dibidang desain grafis, kita semua pasti mengenal betul bentuk dan seperti apa wujud dari poster itu sendiri. Poster terlebih yang didesain oleh jasa desain logo biasanya didesain dengan menampilkan karakter apa yang akan di promosikan, dalam sebuah brand, poster memiliki peranan penting untuk bisa mempromosikan dan mengenalkan produk apa yang akan kita jual.


Mendesain poster harus maksimal dengan menampilkan setiap unsur dari apa yang akan kita kenalkan kepada publik. Nah, untuk membuat poster yang menarik dan dapat “berbicara” dengan publiknya, diperlukan beberapa kriteria berikut ini.



1. Menarik Perhatian

Hal penting utama dalam setiap poster adalah menampilkan apa yang bisa menarik perhatian semua orang yang melihat poster tersebut. Maka, aspek-aspek seperti penggunaan foto, warna, typografi dan elemen-elemen utama lainnya merupakan faktor kunci yang mendasari berhasil atau tidaknya sebuah poster. Beberapa poster menggunakan gambar-gambar yang nyeleneh dan mengejutkan.

Poster lainnya memilih menggunakan permainan kata-kata yang menarik, kreatif dan membuat anda berhenti sejenak untuk berpikir – agar terlihat lebih menonjol, kata-kata tersebut dituangkan di atas bidang putih yang monoton.

2. Font and Font

Font yang biasa? Hmmm... sebaiknya jangan. Poster pastinya selalu menandalkan font dan font menariklah yang pastinya akan membuat orang sejenak memperhatikan apa yang kita tampilkan di dalam poster itu.

Jika font yang anda gunakan sedikit tidak biasa atau unik, hasil posternya justru akan terlihat semakin mendalam. Jadi, coba deh untuk menghindari font-font standar yang biasa digunakan pada dokumen atau untuk tujuan sehari-hari.

3. Careful with Color

Mempertimbangkan pemilihan warna dalam sebuah poster penting dilakukan, warna adalah gradasi penting yang bisa membuat sebuah poster terlihat semakin hidup. Usahakan, poster yang akan di desain memiliki perpaduan warna yang seimbang, mengkombinasikan antara satu warna dengan yang lainnya boleh saja, asalkan masuk dan tidak saling bertabrakan.



4. Desain yang seimbang

Pengetahuan desain dasar dan keterampilan layouting mengajari kita bahwa desain yang baik haruslah memiliki keseimbangan yang baik pula. Cobalah untuk membuat poster sesuai dengan pedoman ini. Untuk mengetahui apakah tata letak poster anda seimbang, bagilah bidang halaman menjadi dua, dan bandingkan jumlah elemen pada kedua sisi halaman satu sama lain. Lakukan pula langkah ini secara diagonal.

5. Patahkan semua aturan

Nah, ini langkah yang paling asyik nih. Apalagi kalau anda termasuk desainer yang ogah dipagari dengan aturan-aturan yang mengekang. Kadang-kadang desain yang baik justru adalah desain yang berani “keluar dari batas”, keluar dari rumus-rumus baku, untuk menghasilkan sesuatu yang unik. Tentu saja, bukan sembarangan “keluar jalur”. Anda harus tahu betul aturan-aturan desain baku, dan pastikan kalau Anda ingin melanggarnya, lakukan dengan cara seorang profesional.

Itu dia beberapa tips mendesain poster yang menarik. Jika Anda sudah ada proyek dan tiba saatnya mendesain poster, saatnya tampilkan bakat Anda dan jangan lupa harus bisa 'out of the box' agar desain poster tidak biasa-biasa saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar