Minggu, 25 Desember 2016

Color Harmony. Kombinasi Warna Yang Penting Dalam Desain Grafis


Apa jadinya sebuah grafis jika tidak ada warna? pastinya akan sangat membosankan. Warna memiliki banyak variasi, tidak hanya satu saja tetapi berjuta-juta.

Dalam dunia desain grafis tidak terkecuali jasa desain logo, warna juga bisa dikombinasikan antara satu dengan yang lainnya. Inilah yang menjadikan warna sangat penting bagi para 'desainer'. Dari warna inilah juga tingkat kreativitas seorang desainer akan di uji agar sebuah hasil yang sedang dikerjakan bisa terlihat sempurna.


Selain kreatif, tingkat keharmonisasian sebuah warna juga menjadi hal krusial yang harus selalu di perhatikan. Dalam desain grafis, ini disebut dengan Color Harmony.

Color Harmony dapat diartikan sebagai keseimbangan dalam hal warna dimana semua warna berpadu menjadi satu dan menciptakan sebuah keharmonisan yang bisa menyenangkan mata setiap orang yang memandangnya.

Keharmonisan dalam warna akan dapat merangsdang indera penglihatan kita dan menciptakan perasaan 'seimbang' di dalam hati kita.

Sebagai contoh, sebuah karya visual yang cukup membosankan untuk dilihat, sehingga seorang penikmat visual tidak merasa puas untuk menikmati sebuah karya dan ia tidak merasa terdorong untuk memiliki perasaan 'seimbang' itu dalam hatinya.

Untuk mencapai tingkat keharmonisan warna yang baik, berikut beberapa jenis formula yang sering digunakan.

- Warna Analogous atau Analogous Color, adalah warna-warna yang disusun saling bersebelahan dalam roda warna.



- Warna Komplementer atau Complementary Color, adalah warna-warna yang saling berseberangan antara satu dengan yang lainnya,m sehingga warna-warna ini akan sangat kontras.



- Warna Split Komplementer atau Split Complementary Color, adalah hampir sama dengan warna Komplementer, hanya saja salah satu ujung tanda panah menjadi dua. Sebagai contoh, berikut tampilan Warna Split Komplementer. Formula yang digunakan mirip dengan huruf 'Y' terbalik.



- Monotone Achromatic, adalah warna yang dihasilkan berurutan dari satu warna. Yang menjadikan perbedaan dari warna ini adalah dari perbedaan saturasinya saja.



Itulah beberapa Color Harmony yang ada dalam desain grafis saat ini. Tingkat keharmonisan sebuah warna sangatlah penting, inilah yang menjadikan warna yang dihasilkan oleh para desainer semakin kaya dan berwarna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar