Minggu, 25 Desember 2016

Fungsi dan Peranan Nyata Warna Dalam Desain Grafis. Read This!



Dunia akan terlihat kelabu dan muram jika tidak ada warna. Inilah makna dan fungsi penting dari warna, bukan hanya sebagai media keceriaan tapi juga untuk membuat dunia terlihat colourfull.

Dalam dunia Desain Grafis kehadiran warna sangatlah penting. Warna akan membuat apapun yang ada di dalam Desain Grafis tampil lebih menarik, inilah mengapa kehadiran warna tidak boleh diremehkan.


Ada begitu banyak warna yang ada saat ini mulai dari warna yang cerah seperti hijau, merah dan biru hingga monochrome yaitu putih dan hitam.

Warna bukanlah sebuah pemanis saja, tetapi dalam dunia Desain Grafis dan jasa desain logo merupakan hal krusial yang mendukung indah atau tidaknya sebuah grafis. Berikut peranan warna dalam seni Desain Grafis yang perlu Anda ketahui.

1. Fungsi Identitas

Warna memiliki kegunaan atau fungsi untuk mempermudah orang untuk mengenali identitas suatu kelompok, brand, perusahaan, bahkan suatu organisasi.

Sebagai contoh, warna hijau banyak digunakan untuk organisasi keagamaan di Indonesia. Inilah mengapa warna sangat penting karena kita bisa melihat suatu tujuan organisasi hanya dari warnanya saja.

2. Fungsi Isyarat dan Komunikasi

Berkomunikasi dengan warna? Yes, inilah fungsi lainnya dari sebuah warna. Kita ambil contoh, dalam suatu pertempuran salah satu kubu mengibarkan bendera warna putih, yang berarti sebagai tanda menyerah.

Selain itu, warna sebagai media berkomunikasi juga sering kita temukan di lampu lalu lintas, dimana lampu dengan warna hijau berarti jalan, kuning berarti bersiap dan merah berarti berhenti. Dengan adanya warna inilah isyarat sebuah perintah bisa tersampaikan hanya dengan warna saja.

3. Fungsi Psikologis

Dari sudut pandang kejiwaan warna bisa dikaitkan dengan karakter-karakter manusia. Orang yang mempunyai karakter introvert lebih senang dengan warna-warna panas dan cerah. Karena tipe orang seperti ini biasanya terbuka, lebih memandang ke luar daripada kedalam diri sendiri.

4. Fungsi Alamiah

Warna adalah properti benda tertentu dan merupakan penggambaran sifat obyek secara nyata. Atau warna mampu menggambarkan sifat obyek secara nyata. Sebagai contoh, warna hijau untuk menggambarkan daun, rumput dan warna biru untuk laut, langit dan sebagainya.

5. Fungsi Pembentuk Keindahan

Keberadaan warna memudahkan setiap orang dalam melihat dan mengenali suatu benda. Contohnya apabila kita meletakan benda di tempat yang sangat gelap, mata kita tidak mampu mendeteksi obyek tersebut dengan jelas.

Disini, warna mempunyai fungsi ganda dimana bukan hanya aspek keindahan saja, namun sebagai elemen yang membentuk diferensial atau perbedaan antara obyek satu dengan obyek yang lainnya.

Itulah fungsi dari warna dalam grafis. Penting diketahui jika warna bukan hanya pemanis semata tetapi juga sebagai hal yang krusial dalam kehidupan. Bisa Anda bayangkan jika tidak ada warna bagaimana dunia ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar