Jumat, 30 Desember 2016

Monochrome, Gradasi Warna Yang Elegant Dalam Desain Grafis



Warna menjadi salah satu hal penting dalam desain grafis. Tidak dapat dipungkiri jika hal ini bisa berdampak pada menarik atau tidaknya grafis yang dibuat. Perlu diingat bahwa warna harus dipilih dan diseimbangkan dengan warna lainnya agar menjadi satu kesatuan yang baik.


Ada banyak warna yang sering kita temui, satu yang sangat familiar adalah warna hitam dan putih. Jika digabungkan atau disandingkan, kedua warna ini sering disebut dengan Monochrome. Bukan hanya di dunia desain grafis saja, tetapi Monochrome juga sangat happening dalam hal interior, jasa pembuatan company profile, dan juga fashion.

Monochrome atau Monokrom berasal dari dua kata, “mono” yang berarti hanya satu, sendiri, & “chrome” yang berarti warna. Sebenernya, istilah Monochrome ini bisa diliat dari beberapa prespektif. Dalam dunia komputer, istilah ini mengarah pada hal-hal yang hanya mampu menampilkan satu warna saja misalnya Biru, Merah, Hijau, dan lainnya. Sedangkan, dalam dunia Photography, istilah ini mengarah pada film dengan warna "Hitam & Putih".



Istilah Monochrome yang digunakan dalam dunia Fashion atau Mode, lebih merujuk pada prespektif dalam dunia Photography, yaitu warna Hitam & Putih. Namun, penggunaan warna Abu-Abu dalam Monochrome Fashion ini dinilai sah-sah aja.

Monochrome juga menjadi bagian dalam hal grafis. Bagi mereka yang tidak terlaku suka dengan warna kuat dan lebih suka warna tenang, hitam dan putih ini memang yang paling dominan diantara semua warna yang bisa dipilih.

Namun, disisi lain, desain grafis juga menjelaskan jika Monochrome digunakan ketika menjelaskan sebuah desain atau foto yang memiliki satu warna atau nuansa yang berbeda dari suatu warna.

Tidak hanya dalam sebuah image saja, tetapi juga Monochrome bisa masuk kedalam banyak media mulai dari video, website atau poster. Penting diingat jika Anda hanya bisa memasukan warna yang similar saja agar bisa memiliki konsep Monochrome, tetapi memang yang paling umum adalah warna hitam dan putih.



Monochrome juga selalu bisa menjadi warna pilihan untuk Photography. Saat ini, banyak fotografer yang memilih desain warna ini, terlebih perpaduan warna hitam, putih bahkan grey sangat mudah membentuk gradasi warna yang elegan tanpa harus menambahkan banyak warna kedalam satu image.

Grafis warna dari Monochrome sangat spesial dan mudah dalam penerapannya. Penting untuk memberikan sentuhan grafis, karena Monochrome termasuk warna yang fun, smooth dan selalu memiliki penggemar. So, do you like thi color or not?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar