Selasa, 02 Mei 2017

Bagaimana Cara Membuat Logo Bernilai Jutaan? Ini Rahasianya!


Sebuah logo dibuat bertujuan sebagai merek dagang atau simbol suatu perusahaan. Tak hanya itu, logo pun berperan sebagai representasi perusahaan dan juga media pengikat kepercayaan dengan audiens sehingga orang bisa tahu siapa kita jika dilihat hanya dari luarnya saja.



Merancang logo tidaklah mudah. Walaupun hasilnya sering kali hanya simpel belaka. Akan tetapi, jauh lebih rumit dari pada saat mengerjakan sebuah poster atau hal-hal yang berhubungan dengan grafis lainnya. Ini dikarenakan logo dituntut untuk mampu berbicara kepada audiens bahwa logo tersebut adalah representasi dari perusahaan.

Tahukah Anda jika peranan logo sangatlah penting dalam mendesainnya dan bahkan hanya satu logo saja bisa bernilai lebih dari jutaan rupiah? bagaimanakah caranya membuat logo dengan nilai yang fantastis tersebut? ini dia beberapa rahasianya.

#1: SIMPLE

Logo yang baik mudah dikenali dalam waktu tiga detik. Walaupun sederhana, tapi konsepnya pas dan sesuai dengan karakter pemilik logo. Jadi, logo tidak harus dibuat dengan hal-haln yang rumit, karena dengan cukup membuatnya sederhana saja bisa memiliki nilai yang besar asalkan Anda membuatnya dengan tetap mempertahankan originalitas dan buat sekreatif mungkin.

#2: MEMORABLE

Selain simple, juga harus tepat guna, dan logo itu selalu terngiang-ngiang di benak audiens dengan baik. Contoh untuk logo yang selain simple tapi juga memorable adalah tipografi M khas dari McDonalds. Tidak perlu menambahkan banyak aspek-aspek pendukung, karena terbukti sesuatu yang simple seperti logo McDonalds bisa menimbulkan identitas tersendiri dan bisa bersaing dengan perusahaan sejenis.


#3: TIMELESS

Selain simpel, memorable, juga harus timeless. Artinya, mau digunakan sampai tahun berapapun logo tersebut akan tetap kelihatan keren. Tren dalam suatu produk memang akan selalu berubah. Akan tetapi, logo haruslah tetap bisa digunakan sepanjang masa agar secara turun temurun pun keloyalan untuk sebuah brand tetap bisa diwariskan dengan baik. Berbeda dengan lawannya, Pepsi Cola. Coca-Cola tidak pernah mengalami perubahan logo. Filosofi timeless benar-benar berfungsi dengan baik.

#4: VERSATILE

Sebaiknya, sebuah logo memang harus dibuat dalam bentuk vektor, agar dapat fungsional dan dipalikasikan ke dalam berbagai media apa pun. Begitu pula dengan tingkat skalanya, apabila diperkecil tetap masih berbentuk baik, begitu pula saat skalanya diperbesar. Begitu pula saat logo tersebut dicetak dalam satu warna, apakah akan tetap merepresentasikan logo tersebut, ataukah tidak. Logo yang baik, tetap merepresentasikan walau hanya dicetak dengan satu warna.

#5: Appropriate

Dilansir situs jasa company profile, Appropriate disini adalah selalu sesuaikan logo dengan target audiens dan juga karakter pemilik brand. Misalnya, logo untuk audiens anak-anak, haruslah menggunakan warna-warna yang dekat dengan mereka, menggunakan bentuk-bentuk yang tidak kaku dan elegan serta tidak usah ragu untuk menambahkan sedikit warna yang colorful agar bisa menarik segmentasi pasar yang sudah Anda tentukan untuk brand dengan logo tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar