Rabu, 17 Mei 2017

Ciri-ciri Desainer Grafis Keren Yang Perlu Anda Ketahui


Setiap hari, kita bisa melihat karya-karya visual yang menakjubkan, entah itu ilustrasi, branding, advertising, digital imaging, kartun, dan lain-lain dari para desainer grafis. Seperti yang kita ketahui bahawa kini desainer grafis sudah menjadi profesi yang banyak digeluti seiring dengan semakin berkembangnya era digital dan visual saat ini.



Dengan banyaknya jumlah orang berbakat dan jenius visual di dunia ini, muncul pertanyaan, "Apa saja sih yang bikin desainer grafis itu keren?" Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita gali lebih jauh lagi dan simak uraian lengkapnya dibawah ini.

1. Kreatif

Desain grafis itu dinamis, bergerak dan mengikuti perubahan. Taste setiap orang juga bergerak. Persepsi dan daya visual juga mungkin berubah. Seorang desainer grafis dituntut untuk mampu mengimbangi dan mengikuti pergerakannya. Hal itu tidak mungkin terjadi kalau ide dan pemikirannya tidak dikembangkan sedemikian rupa menjadi out of the box sesuai dengan perubahan dunia. Yang paling penting diingat, kreatif itu bukan bakat. Kreatif itu usaha keras dan tanpa henti, yang butuh pengorbanan dan kemauan keras.

2. Mengerti Teori dan Aplikasinya

Desainer grafis keren itu mesti mengerti sejarah, teori dan filosofi dunia desain grafis. Karena mengerti akarnya, jadi mengerti ke mana cabangnya pergi. Bukan cuma itu aja, desainer grafis pastinya harus mengerti teori dari alat-alat yang dia pakai untuk membuat desain, seperti komputer semacam apa yang dia butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaannya, juga software yang diperlukan, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan lain-lain.


3. Mengasah Passion Dengan Selalu Belajar 

Passion/semangat/kemauan yang tinggi akan membuat pekerjaan terasa seperti main. Meskipun dikerjakan dengan serius, namun tetap saja pekerjaan tersebut akan terasa menyenangkan karena tidak ada presure di dalamnya. Selain itu, passion akan bikin seseorang terus belajar mengasah kemampuannya dan berusaha jadi lebih baik. Ini berlaku di semua bidang, tidak cuma desain grafis saja.

4. Sikap Positif

Attitude is everything! Kalau desainer grafis punya sikap yang positif saat menjalankan pekerjaannya, dia pasti terlihat profesional dan keren banget. Caranya? Mesti jujur dan terbuka untuk memahami perbedaan, dan berusaha mencari common ground dari perbedaan itu.

5. Manajemen dan komunikasi

Komunikasi adalah faktor penting yang bikin desainer jadi terlihat keren. Dilansir situs jasa web profile, desainer grafis harus bisa berkomunikasi baik dengan klien saat proses pembuatan karyanya, yang bertujuan untuk berkomunikasi baik secara visual kepada audiens yang menikmati karya desainnya. Manajemen waktu juga sangat penting untuk desainer grafis. Bagaimana caranya bikin karya yang baik, komunikatif dan menjual, tanpa mengorbankan 'idealisme kreatif'nya secara besar-besaran, dalam rentang deadline yang diberikan oleh klien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar