Kamis, 11 Mei 2017

Terapkan Tips Ini dan Buat Klien Anda Terkesan


Bagi mereka yang bekerja atau membuka suatu jasa seperti jasa web profile, memiliki klien merupakan sebuah pencapaian karena dari klien inilah jasa mereka bisa terus berjalan dengan lancar kedepannya. Maka, para pebisnis pun selalu melakukan hal yang terbaik agar klien bisa senang dan terpuaskan dengan service yang mereka sediakan.



Tapi, apakah klien selalu terkesan dengan apa yang kita lakukan? tidak juga. Bagi seorang klien, kualitas kerja saja tidak akan cukup membuat mereka terkesan pada Anda. Sadarilah bahwa klien juga manusia yang memiliki perasaan dan sisi psikologis. Oleh karena itu, bisa saja karya Anda memang bagus, berkualitas, dan bernilai tinggi, tapi Anda tidak bisa terlalu mengandalkannya.

Perlu usaha yang lebih untuk membuat klien terkesan sehingga mereka mau bekerja sama lagi dengan Anda di proyek-proyek selanjutnya. Mau tahu caranya? Intip informasi selengkapnya dibawah ini.


Bersikap Menyenangkan

Selalu bersikap menyenangkan sata bertemu dengan klien atau sata berkomunikasi melalui telepon. Berbicaralah dengan bahasa yang santun, jelas, dan mudah dimengerti. Jangan sungkan untuk menunjukkan jati diri Anda dan tidak bersikap seperti robot. Sesekali, melontarkan humor tidaklah menjadi masalah jika Anda pandang situasinya tepat dan mendukung. Jika usaha Anda membuahkan senyum dari klien, maka bisa menjadi pertanda baik dalam kerjasama yang Anda akan bangun.

Jangan Sulit Dihubungi

Komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menunjukkan profesionalitas Anda. Pastikan perangkat-perangkat komunikasi Anda aktif sehingga klien mudah menghubungi Anda. Mengabaikan klien yang menghubungi bukanlah hal yang direkomendasikan. Jika Anda memang sedang tidak bisa menerima atau membalas pesan ketika klien menghubungi, segeralah untuk menghubunginya kembali ketika Anda bisa.

Membangun Komunikasi Personal

Bangunlah komunikasi yang lebih dekat dengan klien. Jika Anda mengetahui bahwa klien sedang berlibur, tunjukkanlah perhatian Anda. Misalnya, Anda bisa bertanya ke mana tujuan liburannya ataupun mengucapkan selamat berlibur. Tapi hati-hati, jangan sampai perhatian Anda menimbulkan kesan ‘mau tahu urusan orang lain.’

Buat Klien Merasa Istimewa

Ucapan-ucapan sederhana seperti “Terima kasih atas kerja sama, Bapak,” atau “Senang berbisnis dengan Ibu, semoga hubungan kita tetap terjaga,” akan membuat klien merasa istimewa dan dihargai. Cara lainnya adalah dengan tetap menyimpan kontak dan nama klien di perangkat komunikasi Anda meski proyek/kontrak telah berakhir. Cara-cara simple seperti ini akan membuat klien merasa diharga dan istimewa dalam bekerjasama.

Hindari kata "TIDAK"

Jika Anda merasa tidak mampu memenuhi permintaan klien, jangan serta-merta mengatakan ‘tidak’ untuk menolak. Berikan solusi atau rekomendasi untuk klien agar dapat tetap terlaksana apa yang menjadi keinginannya. Jika Anda spontan mengatakan tidak saat proses kerjasama sedang berlangsung bisa menyakiti perasaan klien dan Anda pun akan dicap sebagai orang yang tidak bisa bernegosiasi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar