Selasa, 02 Mei 2017

Percaya atau Tidak, 6 Media Cetak Ini Masih Populer Lho!


Kita pasti mengenal betul apa itu media cetak. Sudah sejak lama media cetak menghiasi aktivitas kita, bahkan bagi mereka yang berprofesi sebagai desainer grafis atau penyedia jasa web profile, media cetak berperan penting dalam mengembangkan karyanya agar terlihat lebih komersial dalam hal promosi.



Media Cetak adalah salah satu media massa yang menjadi sarana komunikasi untuk menginformasikan hal-hal tertentu kepada masyarakat dalam bentuk cetak. Contoh media cetak paling berkembang dimasyarakat adala koran. Bentuk media cetak juga kebanyakan dari kertas atau sejenisnya dan ditulis menggunakan tinta.

Kehadiran media cetak mungkin sedikit tergusur dengan media online, dan tidak terlalu banyak media cetak yang masih bertahan hingga saat ini. Namun, meskipun begitu, media cetak tidaklah berkurang peminatnya dan masih bertahan hingga saat ini, terlebih jika media cetak yang ada memiliki desain menarik untuk dibaca.

Berikut ini kami akan informasikan kepada Anda beberapa media cetak yang masih bertahan ditengah semakin berkembangnya era digital.



Koran

Di Era digital sekarang, masih memegang peranan penting sebagai sarana komunikasi terupdate. Koran berperan penting di kalangan masyarakat, soalnya bisa menjangkau disetiap sudut. Informasi yang diberikan juga bervariasi, mulai dari berita politik, hiburan, kesehatan, saham, keuangan dan lain-lain. Disisi lain koran juga dapat berperan sebagai media periklanan bagi yang membutuhkan. Misalnya membuka lowongan kerja, berita kehilangan, menampilkan poster event, sampai dengan menjual produk.

Majalah

Majala adalah media cetak yang berisikan macam-macam artikel menarik untuk dibaca. Majalah biasanya memberikan topik topik terhangat dan memang disukai banyak orang, namun tergantung lagi dari tema majalah tersebut. Jika berbicara tentang desain maka majalah lebih unggul dari desain, jadi wajar jika peminatnya lebih besar. Desain dari majalah biasanya berwarna warni sesuai dengan tema nya, inilah yang menjadikan majalah sebagai media kreatif yang banyak dipilih desainer untuk berkarya.

Brosur

Brosur adalah media cetak yang berisikan informasi tentang penjelasan suatu produk, baik berupa produk layanan, jasa, fasilitas umum, properti, profil perusahaan dll. tujuan dari brosur rata-rata untuk sarana beriklan, dan juga untuk mempromosikan sebuah produk dan brand yang sekiranya bisa menarik banyak konsumen. Bentuk brosur biasanya simple dan terdiri dari 2-3 lembar, namun dari desainnya brosur bisa dibuat dengan semenarik mungkin karena jika hanya tulisan dan desain monoton saja, brosur hanya akan berakhir di tempat sampah.

Selebaran atau Flyer

Flyer atau selebaran merupakan media cetak yang memiliki ukuran kecil, standarnya ukuran kertas A4. Selebaran biasanya terdiri dari 1 lembar timbal balik, yang berisikan promosi produk tertentu dan ciri khasnya adalah menarik perhatian. Kita bisa melihat flyer ketika berada ditempat keramaian, kadang ada beberapa sales membagikan selebaran mereka untuk kita. Rata-rata penerima selebaran dijalan tidak membacanya namun menyimpan dan membuangnya. Jadi media promosi seperti ini tidaklah efektif, ada unsur memaksa didalamnya.


Poster

Poster adalah suatu karya desain grafis yang memuat komposisi gambar maupun tulisan diatas sebuah kertas, kemudian ditempelkan ke dinding atau bidang datar lainnya. Pembuatan poster bertujuan untuk pengumuman, ajakan, dan promosi, maka dari itu haruslah dibuat dengan sangat menarik dan tonjolkan apa yang akan dipromosikan supaya banyak orang terpengaruhi oleh desain poster yang Anda buat.

Tabloid

Kalau dilihat dari segi tampilannya Tabloid dan Majalah hampir mirip apalagi isinya sama-sama berupa informasi. Namun perlu Anda ketahui, perbedaan Majalah dan Tabloid adalah dari segi ukurannya dan isi dari tabloid berupa berita hot, sedangkan majalah kebanyakan tips maupun gaya hidup. Pasti kita bisa tahu sendiri, kalau sudah baca keduanya. Majalah menyuguhkan seputar informasi yang mungkin berguna sampai beberapa tahun sementara tabloid berisi berita aktual yang hanya popluer pada beberapa hari saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar