Rabu, 10 Mei 2017

Bye, Bye Klien Sulit! Lebih Mudah Pahami Klien dengan Tips Ini


Sebagai penyedia barang ataupun jasa, kemampuan untuk dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh klien akan sangat bermanfaat. Klien bagaikan sebuah oasis yang akan memberikan kesegaran kepada Anda disaat bisnis atau jasa yang Anda jalankan membutuhkan pemasukan.



Dengan kemampuan ini, barang atau jasa yang diberikan kepada klien akan tepat sasaran dan lebih memuaskan klien. Namun, bagaimanakah jika klien yang Anda dapatkan sangat sulit memahami apa yang dimiliki dan bisa dijalankan sata bekerja sama dengan Anda? inilah beberapa tips yang akan memudahkan Anda untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh klien.

Kuasai produk yang ditawarkan

Dilansir situs jasa company profile, dalam berbagai transaksi jual beli, pengetahuan detail tentang produk yang ditawarkan dapat mempertinggi peluang closing yang menyenangkan. Pengetahuan ini bukan hanya meliputi pengetahuan tentang spesifikasi produk yang ditawarkan, tapi juga meliputi hal-hal apa saja yang dapat dilakukan dan juga segala hal yang berkaitan dengan produk tersebut. Misalnya, bahan-bahan alternatif yang bisa diaplikasikan, manfaat yang bisa ditambahkan di luar spesifikasi yang sudah ada, berbagai tempat produksi produk tersebut, dan lain-lain


Fokuslah pada yang klien inginkan, bukan pada selera Anda

Ketika seorang klien memesan suatu produk, biasanya klien mensyaratkan hal-hal yang harus terdapat dalam produk tersebut. Penuhilah seluruh persyaratan klien. Jika Anda ingin menambahkan atau memasukkan hal-hal sesuai selera Anda tanpa diminta oleh klien, pastikan bahwa hal-hal tersebut baik, bisa menambah nilai tambah, dan tentunya tidak melanggar berbagai syarat yang telah ditetapkan oleh klien. Jika klien tidak menyukai tambahan dari Anda, berbesar hatilah dan berusahalah mengikuti apa yang diinginkan oleh klien.

Saling berbagi ilmu dengan klien

Ketika klien bertanya tentang produk Anda, Anda bisa mengajak klien berdiskusi tentang produk tersebut. Ceritakanlah hal-hal bermanfaat yang pernah Anda lakukan menggunakan produk tersebut, yang belum diketahui orang kebanyakan. Dengarkan respon klien dan simaklah cerita klien sebaik mungkin jika ia balas bercerita. Dari apa yang dituturkan oleh klien, Anda akan dapat mereka-reka kebutuhan, keinginan, latar belakang, ataupun minat sang klien.

Berpikir lebih jauh untuk kebutuhan klien

Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan klien terkait produk Anda, berpikirlah selangkah lebih maju dan tawarkanlah solusi untuk kebutuhan klien di masa yang akan datang. Solusi ini dapat berupa saran aksi maupun penawaran produk Anda yang lain. Jika solusi Anda tepat, klien akan merasa sangat senang karena memperoleh rekomendasi yang bermanfaat untuk kebutuhan dan keinginannya. Anda pun bisa menyiapkannya dari sekarang.

Bagaimana? Sudahkah anda melakukan tips-tips di atas? Jika belum, cobalah sekarang juga. Dengan mengombinasikan tips-tips di atas dengan kinerja yang profesional, klien Anda pun akan terkesan dan berpotensi menjadi klien yang loyal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar