Rabu, 17 Mei 2017

Ghost Writer, Kerja Sampingan dan Manfaatnya yang Menyenangkan


Dalam dunia tulis menulis, ada istilah Ghost Writer yang kini sedang menjadi trend tersendiri di dunia. Bukan hanya itu, profesi yang sedang populer ini tidak hanya mencakup tulis menulis saja, namun lebih dari itu Ghost Writer sudah menjadi profesi yang ternyata memiliki unsur fun tersendiri.



Apa itu Ghost Writer?

Profesi ghost writer berarti seorang “penulis bayangan.” Ia—secara profesional—menulis untuk kepentingan orang lain, dengan catatan: tanpa identitas. Wajar saja, meski mayoritas orang bisa menulis, tidak semua orang mampu membuat tulisan yang baik; juga menarik. Di sinilah jasa ghost writer diperlukan. Apalagi banyak tokoh dan figur publik yang rupanya butuh mendongkrak popularitas dengan cara menuangkan gagasan mereka ke dalam sebuah tulisan.

Tidak ada identitas, tidak dikenali, bahkan tanpa hak cipta! Lantas apa untungnya, sih, menjadi seorang ghost writer? Dilansir situs jasa company profile, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan saat menjadi seorang 'Ghost Writer.'


Penghasilan Cukup Tinggi

Jangan khawatir, sebab Anda akan mendapatkan bayaran mahal sebagai penggantinya. Patokannya, bisa diamati dari kisaran gaji rata-rata yang diterima Jonathan Favreau, seorang ghost writer muda yang kini menjabat direktur tim penulis untuk Obama. Tak main-main, pendapatannya bahkan mencapai Rp136 juta per bulan! Tentu saja penghasilan tinggi seorang Ghost Writer juga dipengaruhi dari kreasi dan hasil tulisannya karena dengan media inilah Anda bisa memiliki penghasilan yang cukup besar.

Kaya Akan Informasi

Saat bekerja, ada beragam alat yang digunakan oleh seorang ghost writer untuk mengelola informasi. Bukan hanya itu, calon klien pun biasanya juga berasal dari beragam latar belakang; tentu saja dengan beragam macam tulisan yang harus Anda kuasai. Pada akhirnya, Anda pun akan “terpaksa” membaca banyak sumber, seperti buku, artikel, jurnal, penelitian, script film, website, hingga blog yang secara tidak langsung akan memberikan dampak positif pada Anda denga banyaknya informasi yang Anda dapatkan untuk kepentingan menulis nantinya.

Jaringan Luas

Seperti yang dikatakan sebelumnya, mayoritas pengguna jasa ghost writer adalah mereka yang ingin mendongkrak popularitas, ataupun sekadar membagikan gagasan atau pengetahuan—yang sayangnya tidak memiliki kemampuan mumpuni dalam menulis. Nah, bukan tak mungkin, berhadapan dengan klien jenis ini akan membawa Anda pada jejaring yang lebih luas lagi, bukan? sehingga nantinya kualitas Anda sebagai seorang writer pun bisa dikenal banyak orang karena memiliki networking yang cukup luas.

Legal

Tenang saja, Ghost Writer termasuk profesi yang legal kok, meskipun identitas kita tidak sepenuhnya diketahui orang. Di beberapa negara—bahkan ghost writer masuk sebagai sebuah profesi resmi bergengsi, yang setara advokat atau konsultan. Harus dipahami, ghost writer sendiri bekerja serupa kontraktor yang disewa untuk membangun rumah. Tentu saja, ide dan konsepnya dibuat oleh pemilik

Itulah beberapa informasi terkait dengan Ghost Writer yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Bagaimana, apakah Anda tertarik menjadi salah satu orang yang duduk di kursi panas dan menjadi seorang Ghost Writer?

1 komentar: