Jumat, 26 Mei 2017

Menggunakan Media Sosial Untuk Keperluan Bisnis


Hampir setiap orang pastinya saat ini selalu menggunakan media sosial sebagai bagian dalam lifestyle. Banyak orang mengira platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram hanya sebagai saluran untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Tapi sebenarnya fungsi media sosial telah menjadi semakin luas untuk semua jenis bisnis.



Ya, bisnis sekarang sudah berkembang pesat ini sangat terbantu dengan adanya media sosial dimana sejumlah orang menggunakannya untuk kepentingan bisnis baik untuk promosi, marketing hingga beriklan dengan menggunakan ads, misalnya. Dengan peranan inilah mengapa bisnis bisa tumbuh dengan baik didukung dengan memaksimalkan potensi media sosial sendiri yang sudah memiliki bentuk dan rupa yang berbeda.

Untuk itu, mari kita bahas seberapa jauh sih manfaat dan pengaruh media sosial pada setiap bisnis yang Anda miliki. Check it out!


Meningkatkan loyalitas dan brand awareness

Ketika kehadiran Anda terlihat di media sosial, akan lebih mudah bagi pelanggan menemukan dan terhubung dengan Anda. Dan terhubung dengan pelanggan di media sosial membuat Anda lebih mungkin meningkatkan retensi pelanggan dan loyalitas brand. Sebuah penelitian menunjukkan kalau sebanyak 53 persen dari orang Amerika yang mem-follow sebuah brand di media sosial terbukti lebih loyal kepada brand tersebut.

Media sosial untuk memperoleh data penting pelanggan

Media sosial menghasilkan jumlah data yang tidak sedikit tentang pelanggan Anda. Tiap hari ada lebih dari 500 juta Tweet, 4,5 milyar like di Facebook, dan 95 juta foto serta video diupload di Instagram. Di balik angka besar ini adalah kekayaan informasi tentang pelanggan Anda; siapa mereka, apa yang mereka suka, dan bagaimana pendapat mereka tentang brand Anda. Melalui pendekatan yang aktif dan mendengarkan apa yang terjadi di media sosial, Anda bisa mengumpulkan data pelanggan yang relevan dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas.

Menjalankan iklan dengan hasil real time

Iklan di media sosial tidak memakan biaya yang mahal dan menjadi cara untuk mempromosikan bisnis serta mendistribusikan konten Anda. Iklan ini juga menawarkan pilihan penargetan yang kuat sehingga Anda bisa mencapai audiens yang tepat. Misalnya, bila Anda menjalankan kampanye iklan di LinkedIn, Anda bisa menciptakan segmen seperti lokasi, gender, dan usia. Bila menjalankan iklan Facebook, Anda bisa menargetkannya berdasarkan lokasi, demografi, minat, perilaku, dan koneksi.

Meningkatkan traffic website dan peringkat pencarian

Satu manfaat terbesar dari media sosial untuk bisnis adalah menggunakannya untuk meningkatkan traffic website. Media sosial tidak hanya membantu Anda mengarahkan orang ke website Anda, tapi semakin banyak share di media sosial yang Anda terima, semakin tinggi peringkat pencariannya. Misalnya, bila tiap orang yang follow Anda lalu melakukan retweet postingan, ada kemungkinan lebih besar untuk masuk peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google.

Membina relasi

Dilansir situs jasa web profile, media sosial bukan semata tentang meningkatkan penjualan perusahaan di media seosial, tapi media sosial menjadi saluran dua arah dimana Anda memiliki kesempatan untuk memperkaya hubungan dengan pelanggan. Misalnya, media sosial memungkinkan brand pariwisata menciptakan dialog dengan traveller, karenanya tercipta relasi dengan  pelanggan sebelum, selama, dan setelah mereka memesan akomodasi perjalanan dengan perusahaan tersebut. Dialog media sosial semacam ini antara brand dan pelanggan jadi sesuatu yang tidak bisa diperoleh dari iklan tradisional.

Berbagi konten lebih cepat dan lebih mudah

Di masa lalu, orang marketing menghadapi tantangan untuk memastikan konten mereka mencapai pelanggan di waktu secepat mungkin. Dengan bantuan media sosial, terutama ketika berbagi konten tentang bisnis atau untuk kurasi konten, yang perlu Anda lakukan hanya membagikannya ke akun jaringan sosial brand Anda.

2 komentar:

  1. The power supply titanium. by Zhech.Tilium Engineering
    The power supply titanium titanium vs stainless steel alloy has a grade 5 titanium height of 0.5 mm. The Zhech, the lead component, titanium bar is manufactured titanium drill bits for metal for use in an remmington titanium alloy core.

    BalasHapus