Rabu, 10 Mei 2017

Klien Anda Penuh Dengan Aturan? Ini Tips Mengatasinya


Semakin lama Anda berkecimpung dalam dunia freelancing maupun Anda yang bekerja pada suatu company, semakin Anda akan menemukan jenis tertentu dari klien, salah satunya datang dari tipe yang ‘sulit’. Sulit disini bukan hanya pada sikapnya saja, namun juga dengan banyak aspek seperti tidak bisa bekerja sama dan terlalu banyak aturan yang seakan mengekang kita.



Mereka pada dasarnya sama dengan klien biasa dan kemungkinan bisa dengan sabar ketika pendapat mereka didengar. Setiap orang memiliki pendapat mereka sendiri tentang hal-hal, dan itu tidak biasa untuk freelancer atau pengusaha untuk tidak setuju dengan klien, agak sulit untuk mencapai kesepakatan.

Jadi bagaimana Anda menangani hal ini? Bagaimana harusnya saat Anda berurusan dengan klien yang sulit? Harus seperti apakah sikap Anda? pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kami jawab dalam artikel dibawah ini. Simak!

Perlihatkan Kepada Klien Apa yang Anda Lakukan

Untuk setiap klien yang bergairah dan serius, untuk mengerjakan proyeknya mereka pasti akan cemas tentang setiap aspek kecil berkaitan dengan proyek. Ucapannya mungkin akan seperti ini, “Bagaimana Anda akan memberikan ini, kapan contoh berikutnya akan keluar, saya ingin ini dan ini dan ini harus dimodifikasi seperti itu, hal itu dapat dilakukan?”

Rangkaian pertanyaan akan terus berdatangan dan tidak terbatas dan bahkan dari beberapa freelancer yang datang dan pergi tidak merasa nyaman dan tak bisa menanggung desakan yang konstan seperti itu. Katakan saja, “Aku di sini untuk menyelesaikan proyek. Aku tidak harus memberimu kuliah mengenai pemahaman bagaimana saya melakukannya. “
Tapi Anda tahu sesuatu? Itulah obat yang tepat untuk klien yang terus-menerus bernafas di bawah leher Anda.


Informasikan Perkembangan Terbaru

Salah satu sumber penghasil helaan napas terbesar berasal dari keluhan klien. Dan salah satu sumber keluhan mereka adalah menyadari fakta apa yang sebelumnya ‘tersembunyi’. Misalnya, jika mereka tidak diberitahu tentang kekurangan tertentu, biaya tambahan yang timbul kemudian atau persyaratan yang dibutuhkan untuk sebuah proyek agar dapat berjalan lancar, sikap mereka bisa lebih dari marah. Dan klien marah akan menjadikan segalanya lebih sulit.

Jika skenarionya adalah ‘mungkin’, jangan menempatkan kata ‘jaminan’ di perjanjian. Buatlah semua rincian upah Anda dengan jelas dari awal proyek, bukan mendekati tenggat akhir untuk mencegah klien dari merasa seperti dibohongi karena sesungguhnya mereka tidak menyadari bahwa Anda bertanggung jawab untuk revisi.

Jangan Merasa Cepat Puas

Alasan lain mengapa klien bisa sulit adalah karena mereka tidak tahu siapa Anda atau bagaimana Anda bekerja. Satu-satunya hal yang dapat membuat mereka kembali kepada layanan Anda adalah dengan melihat prestasi masa lalu Anda atau dalam beberapa kasus, jatuh cinta pada kesan pertama yang Anda berikan di tahap awal proyek.

Tapi di sinilah biasanya bermasalah. Anda tidak pernah bisa berpuas diri karena jika Anda melakukannya, klien pasti akan melihat dan dia pasti akan menunjukkan kesalahan Anda, bertanya mengapa Anda belum memperbaiki bagian yang dimintanya, atau ejekan lain yang menjadi karakter klien yang sulit.

Nah, dalam kasus ini, itu bukan kesalahan klien. Ini milikmu, itu milik saya, itu adalah orang yang menyediakan layanan yang salah. Dan jika Anda benar-benar tidak suka klien yang sulit, maka jangan memberi mereka alasan untuk mengubah segala sesuatunya secara mendadak atau justru melenceng jauh dari perjanjian pertama.

Tawarkan Solusi Secepatnya

Setiap klien yang sulit kemungkinan besar seperti itu karena mereka menekankan solusi. Setiap kali operasi tersandung halangan, hal pertama yang klien adalah mencari orang-orang di balik masalah, karena mereka berharap solusi datang dari tempat yang sama. Jadi sebenarnya, mereka mencari solusi, jalan keluar, cara untuk meminimalkan penyebab kerusakan atau untuk memberikan alternatif terbaik ketika solusi awal tidak dapat digunakan.

Menawarkan klien Anda solusi cepat agar masalah lekas terselesaikan. Siapkan tindakan yang tepat yang harus diambil, daripada menunggu sampai kekacauan terjadi. Semakin cepat Anda bisa melakukannya, semakin kecil kemungkinan Anda harus berurusan dengan klien yang sulit.

Kesimpulan

Tidak peduli seberapa baik Anda percaya terhadap klien, akan selalu ada beberapa keluhan yang siap untuk membuat And sakit kepada dalam menghadapinya. Selalu tunduk kepada klien Anda mungkin bukan ide bagus, dan kadang-kadang satu-satunya cara untuk menangani mereka adalah ada di sisi mereka untuk meyakinkan mereka tentang kredibilitas pekerjaan Anda. Semoga informasi yag dilansir dari situs jasa web profile diatas ini dapat membantu Anda dalam mengatasi klien yang memang basicnya selalu banyak aturan dalam bekerja sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar