Selasa, 30 Mei 2017

Inilah Alasan Mengapa Blogger Perlu Melakukan Posting Ulang Konten Lama


Bagi Anda yang bergelut dibidang blogging, proses membuat konten atau artikel tentu menjadi salah satu langkah yang paling krusial dan dapat menentukan kesuksesan kita. Konten adalah raja, maka tidak heran jika kualitas dari konten itu sendiri sangat menentukan masa depan Anda di dunia blogging tersebut.


Namun ada kalanya, kita merasa sulit untuk membuat konten karena beberapa alasan seperti waktu, bahan serta kegiatan lain yang harus dikerjakan. Jika ini terjadi, memposting ulang konten lama adalah trik yang bisa Anda lakukan karena dengan melakukan pembaruan dari konten lama yang sudah pernah kita tulis sebelumnya kemudian memperbarui tanggal posting tersebut dapat memberikan kesan fresh pada blog dan membuat informasi lama bisa muncul kembali dengan sedikit sentuhan. Jadi secara tidak langsung, konten tersebut akan berubah menjadi konten baru tanpa harus membuat konten yang sepenuhnya baru.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa alasan mengapa kita perlu melakukan posting ulang konten lama dalam sebuah blog.


1. Konten Sudah Usang

Ketika kita memiliki konten yang sudah masuk ke mesin pencari, kemudian ada pengunjung yang melihat konten tersebut namun harus kecewa karena konten yang kita miliki ternyata sudah usang. Usang disini bisa diartikan bahwa informasi yang terdapat dalam posting tersebut tidak lagi relevan atau perlu dilakukan update. Dengan melakukan posting ulang, kita bisa membuat konten lama kita lebih relevan sehingga tidak akan mengecewakan pengunjung.

2. Konten Harus Di Update Secara Berkala

Pada beberapa topik pembahasan blog, ada informasi yang memerlukan update secara berkala. Seperti misalnya blog yang membahas tentang software serta aplikasi. Tentunya dari waktu ke waktu, aplikasi serta software tersebut mengalami pembaruan baik dari sisi fitur, informasi atau hal lainnya. Nah, jika kita mempunyai konten semacam ini, maka sangat disarankan untuk rutin melakukan publish ulang.

3. Konten Tidak Masuk Halaman Pertama

Dilansir situs jasa web profile, dari penelitian disebutkan bahwa 91% dari orang yang mencari melalui mesin pencari, hanya melihat hasil pencarian di halaman pertama. Sisanya 9% baru meneruskan pencarian pada halaman kedua dan seterusnya.

Sekarang bayangkan jika konten lama yang kita miliki berada di posisi pertama namun di halaman kedua mesin pencari. Jika kita melakukan update terhadap konten tersebut, menambahkan informasi menarik, kemudian mempublish ulang, tentu ada kemungkinan kita mendapat tambahan share media sosial serta komentar yang berarti bisa lebih mendorong konten tersebut masuk halaman pertama.

3. Memanfaatkan Algoritma Google

Salah satu pembaruan algoritma mesin pencari Google yang paling penting dalam beberapa tahun belakangan ini adalah, bagaimana Google tidak hanya memperhatikan exact keyword namun juga memperhatikan semantic keyword. Sedikit penjelasan, exact keyword adalah kata kunci yang benar-benar sama, semisal konten membahas tentang resep nasi goreng, maka exact keyword yang dimasukkan adalah hanya “resep nasi goreng” saja. Sedangkan, saat ini Google  juga memperhatikan kata kunci yang bersifat semantik, dalam kasus “resep nasi goreng”, Google juga mempertimbangkan konten yang berisi kata kunci lain seperti “cara membuat nasi goreng”, “cara memasak nasi goreng”, “tutorial nasi goreng enak” dan lain sebagainya.

Nah, dengan melakukan update terhadap konten lama kita bisa memaksimalkan dengan menambahkan semantik keyword ke dalam konten tersebut. Dengan begitu, kesempatan untuk menaikkan peringkat konten kita bakal lebih meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar