Senin, 22 Mei 2017

Tahukah Anda Jika Menggunakan Hashtag di Twitter Juga Ada Aturannya?


Jika berbicara tentang Twitter, maka hastag adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari sosial media ini. Hastag biasa digunakan untuk menandai kata kunci atau topik pada sebuah tweet di akun Twitter, inilah yang menjadikan Twitter unik karena hastag merupakan salah satu yang sangat relevan dalam microblogging ini.



Hastag dibuat dengan terorganisir agar bisa menggolongkan pesan dengan benar. Kamu akan menggunakan simbol hastag # dengan diikuti kata kunci atau frase kata yang relevan (tanpa spasi) untuk menampilkannya dengan lebih mudah di kolom pencarian Twitter. Kamu bisa menambahkan hastag di awal, tengah, atau akhir dari tweetmu. Hastag yang digunakan oleh banyak pengguna Twitter lainnya bisa menjadi topik popular. Ini dia beberapa aturan dalam menggunakan Hastag di Twitter yang harus kamu ketahui.

Sebaiknya Tidak Terlalu Panjang

Sebagai pengguna aktif Twitter kamu tentu sudah tahu bahwa ada batasan karakter yang diberikan dalam satu kali tweet, yaitu 140 karakter. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak membuat hastag dengan kata-kata yang terlalu panjang. Hastag yang tidak terlalu panjang juga akan lebih mudah diingat oleh para pengguna Twitter lainnya. Hal ini akan memudahkan mereka untuk menggunakan Hastag yang telah kamu buat itu. Ingatlah bahwa semakin banyak yang menggunakan Hastag tersebut maka kesempatan untuk menduduki puncak trending topic pun akan terbuka lebar.

Pastikan Menulis Hastag Dengan Benar

Hastag ditulis dengan tanpa menggunakan spasi, sehingga kamu harus memastikan bahwa Hastag yang kamu gunakan telah ditulis dengan benar. Misalnya, saat kamu ingin membuat Hastag dengan kata "Jasa Web Profile" pastikan tulis dengan benar #JasaWebProfile bukan #jasawebprofile. Salah menuliskan hastag bisa berakibat fatal, yakni membuat pengguna lain tidak bisa memahami dengan tepat maksud dari hastag yang kamu gunakan itu.

Tetapkan Target Audience

Seperti halnya sosial media yang lain, pengguna Twitter pun terdiri dari beragam tipe pengguna. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekarang ini sudah tidak asing lagi dalam menggunakan Twitter. Menetapkan target audience untuk Hastag yang kamu gunakan membantumu untuk mengatur siapa saja orang yang bias membicarakan dan menggunakan Hastagmu. Pastikan kalau kamu tidak menggunakan kata-kata terlarang atau bahkan melecehkan pihak lain, sebab pihak Twitter memiliki kewenangan untuk memblokir akunmu.

Bersikap Konsisten

Dalam menggunakan Hastag di Twitter kamu pun harus bersikap konsisten. Artinya, gunakan hastag yang relevan dengan akunmu secara terus menerus dengan jumlah hastag maksimal 2 pada setiap tweetmu. Terlalu banyak menggunakan Hastag justru akan membuatmu dianggap sebagai spamers yang tidak penting. Semakin konsisten kamu dalam menggunakan Hastag, maka akun Twittermu pun akan lebih mudah ditemukan pada kolom pencarian.

Perhatikan Pula Risiko Penggunaannya

Menggunakan Hastag di Twitter ternyata juga memiliki risiko besar, lho! Kamu perlu berhati-hati dalam membuat Hastag, jangan sampai Hastag yang kamu gunakan menghasilkan buzz yang tidak ingin kamu lihat. Misalnya saja yang pernah terjadi pada McDonalds beberapa waktu lalu. Pihak McDonalds harus membayar #McDStories mereka dengan gelombang kritik di Twitter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar