Kamis, 13 April 2017

4 Pedoman Penting Untuk Membuat Desain Cover Yang Memikat


Don't judge a book by it's cover. Meskipun terdengar klise, akan tetapi kehadiran cover menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah buku. Benarkah? tentu saja, terlebih dari segi marketing, pemilihan sebuah cover haruslah bisa dan seimbang dengan apa yang akan ditampilkan oleh bukunya agar bisa dinikmati banyak orang.



Terkadang, banyak orang yang lupa untuk memilih dan membuat cover yang menarik. Namun, dalam ranah kreativitas, cover bertindak sebagai first impression dari buku dan juga cover menentukan seberapa menariknya isi dan sampul dari buku tersebut.

Banyak orang yang masih kebingungan bagaimana menciptakan cover yang menarik. Sebelum Anda membuatnya, yuk kenali 4 panduan membuyat cover berikut ini.


#1. Balance

Balance atau keseimbangan berarti pembagian ssama berat dalam komposisi desain cover itu sendiri. Dalam aturan keseimbangan, sama berat berarti menciptakan kesan sama berat, baik bersifat simetris maupun asimetris. Balance dalam cover terdiri dari beberapa hal mulai dari keseimbangan formal (membagi sama berat kiri-kanan atau atas-bawah secara simetris), dan keseimbangan asimetris (penyusunan elemen desain yang tidak sama antara kiri dan kanan).Jadi, pada dasarnya tidak terjadi keseimbangan secara harfiah, akan tetapi pembagian berat sama-sama enak untuk dilihat dan mengesankan seimbang.

#2. Emphasis

Emphasis dalam hal ini diartikan sebagai  penekanan yang ingin disampaikan kepada audiens. Hal itu bisa dilakukan dengan beragam cara, misalnya adalah warna yang sangat mencolok, ukuran yang sangat besar, huruf yang menarik, dan elemen-elemen lain yang membuat keterpukauan audiens akan penekanan. Beberapa aturan dalam Emphasis diantaranya adalah kontras yang bisa membuat cover terlihat lebih hidup, isolasi objek yang berarti memisahkan antara objek yang satu dengan yang lainnya dan penempatan dari objek yang akan ditampilkan dalam cover agar bisa menjadi pusat perhatian saat dilihat.

#3. Rhytm

Memberikan unsur irama pada visual cover bukanlah hal penting lagi tetapi sudah menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar lagi. Irama dalam ranah visual berarti menghadirkan repetisi bagi suatu objek secara konsisten. Atau, bisa juga dengan variasi, yaitu menghadirkan perulangan visual tapi tidak dengan sama persis, melainkan repetisi elemen visual yang disertai perubahan bentuk, ukuran, ataupun posisi.

#4. Unity

Unsur kesatuan berarti terjadi keharmonisan dalam tipografi, ilustrasi, warna, dan unsur-unsur desain yang lainnya. Menghadirkan keharmonisan dalam desain yang hanya satu muka seperti poster, akan lebih mudah mengaturnya. Akan tetapi, mengatur keharmonisan dalam desain kover buku kemudian menjalar kepada tema layout-nya yang berlembar-lembar, tentu tidak mudah untuk mengatur keharmonisan dan juga agar pembaca tidak merasa bosan.

Nah, itulah 4 pedoman pembuatan cover yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Cover disini bukan hanya untuk buku saja, tetapi hal apapun yang diperlukan penambahan cover sebagai daya pikat sebuah media. Ingat, seperti yang dikemukakan oleh situs jasa company profile, cover merupakan hal penting karena dari sini semua orang bisa melihat seberapa kreativ dan inspiratif nya media yang akan Anda tonjolkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar