Rabu, 12 April 2017

Jangan Mengaku Kreatif Jika Belum Memiliki 4P Ini


Era yang tengah kita hadapi sekarang adalah era di mana kreativitas menjadi tulang punggung kemajuan sebuah peradaban. Kreativitas sendiri merupakan kemampuan atau kondisi dimana seseorang mampu menciptakan hal baru atau membuat dari apa yang sudah ada menjadi berbeda dari sebelumnya.



Semua orang bisa menjadi kreativ, tergantung dari bagaimana otak kita mengelolanya menjadi sesuatu yang bisa diartikan sebagai hal - hal yang kreativ. Meskipun begitu, jika Anda memang merasa memiliki kreatifitas yang tanpa batas, kenali dulu 4P berikut ini yang dilansir situs jasa web profile dimana 4P ini menjadi hal mutlak yang dimiliki oleh seorang yang kreatif.

Pertama, person. Karakteristik orangnya sangat berpengaruh. Menjadi kreatif berarti memulai sedini mungkin untuk membiasakan diri kreatif. Sebagai orang kreatif, kita harus berbeda dengan orang lain. Tetapi, perbedaan tersebut harus disertai alasan yang tepat. Jangan hanya berbeda. Tapi berbedalah dengan alasan tertentu. Bagaimana dengan rutinitas, apakah ia menghambat kreativitas? Tidak juga.

Cara paling kreatif untuk membuat rutinitas menjadi lebih kreatif adalah dengan mengubah cara menjalankan rutinitas tersebut. Sehingga, kita terbiasa untuk melakukan hal-hal yang tidak biasa. Otak dan tubuh yang dijejali dengan hal-hal yang rutin setiap hari tidak akan bisa berkembang.


Kedua, process. Teknik apa atau serangkaian proses apa yang telah dilaluinya untuk melakukan kreativitas tersebut. Apakah ia benar-benar menciptakan sesuatu yang baru, memperbaiki yang lama, ataukah justru menjiplak tapi mengaku-aku kalau itu adalah hasil karyanya. Wah, kalau sampai menjiplak, jangan sampai, deh. Terinspirasi boleh, tapi meniru sama persis, itu sangat tidak kreatif.

Ketiga, product. Tidak hanya berkoar-koar memiliki ide keren nan mentereng. Tapi, juga harus membuktikan ide itu dalam suatu bentuk nyata. Orang-orang kreatif adalah mereka yang dapat memberikan solusi, bukan sebaliknya. Nah, produk yang dihasilkan tersebut haruslah juga tidak hanya bagus dalam desain, tapi juga fungsional, dan memberikan solusi bagi penggunananya: apakah ia dapat membuat penggunanya lebih mudah dalam melakukan sesuatu ataukah justru mempersulit.

Keempat, press. Sejauh mana tekanan yang diperoleh saat melakukan serangkaian ketiga proses kreatif tersebut. Bila waktunya sangat sedikit tapi dapat menghasilkan kreasi yang sangat superkeren, maka tingkat kreativitas orang tersebut sangat layak diacungi jempol.

Itulah 4P yang menjadi ciri atau hal mutlak dimiliki oleh mereka yang merasa kreatif. Dengan kata lain, kreativitas berarti melalui serangkaian proses dan tidak instant. Meskipun begitu banyak jalan terjalnya, pastinya Anda bisa melaluinya sehingga nantinya Anda layak disebut kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar