Minggu, 02 April 2017

Siapakah Desainer Grafis Itu?


Apa Anda memiliki iklan favorit? Sebuah papan reklame yang mencuri perhatian? Atau logo yang kreatif? Di jaman sekarang, kita secara rutin menjumpai beragam jenis cara pemasaran dan terkadang pekerjaan tersebut berkaitan dengan desain grafis yang kreatif. Sebuah profesi yang berkembang di tahun 1950 dan 60-an, tetapi tidak pernah berhenti berevolusi sampai sekarang.



Di era digital saat ini, desainer grafis sudah banyak ditemui dan dicari semua perusahaan. Bukan hanya sebuah hobi semata, namun desainer grafis kini sudah bertransformasi menjadi profesi menjanjikan dengan prospek karir gemilang, seiring dengan semakin dibutuhkannya media kreatif dan advertaising saat ini.

Dengan adanya media - media inilah, desainr grafis pun bisa masuk sebagai sebuah profesi yang dibutuhkan, khususnya bagi mereka yang membutuhkan orang-orang kreatif untuk mempresentasikan brand kepada masyarakat luas dan menjadikan media visual sebagai salah satu promosi besar-besaran.

Seorang desainer grafis menggunakan software desain (seperti: Adobe Photoshop) dan dengan element seperti foto, font, warna, bentuk, ilustrasi, tekstur dan lainnya untuk menyampaikan pesan atau arti di beragam media, seperti iklan cetak, brosur, kemasan produk, poster, mejalaha dan koran, desain buku dan banyak lagi. Mereka adalah komunikator yang baik, artis kreatif yang akan mengekpresikan melalui teknologi. Jika Anda saat ini tertarik menjadi artis, mungkin salah satu dari pilihan karir di desain grafis ini akan menjadi pintu gerbang kesuksesan Anda:


Peluang Kerja Desainer Grafis

1.  Desainer Grafis – Ahli dalam menggunakan grafis/gambar/apa saja yang berkaitan dengan penciptaan tanda, skema, logo, grafis, gambar, simbol, desain geometric dan lainnya, desainer grafis terlatih menggunakan program desain seperti Photoshop, Illustrator, Flash dan lainnya.

Mereka adalah orang-orang kreatif yang mengerti estetika sebagai halnya mengkomunikasikan pesan melalui desain grafis. Desainer grafis pun kini bukan hanya membuat gambar yang menarik saja, tetapi sudah berkembang pada beberapa bidang seperti jasa web profile, hingga jasa yang bisa membuat sebuah website semakin menarik.

2. Desainer Tata Letak – Pemikir kreatif dibalik penempatan sebuah gambar (seperti: komposisi) memutuskan pilihan warna/font. Profesi ini bisa disebut juga sebagai art decorator dimana tugasnya adalah meletakan sebuah element yang berpengaruh dalam grafis agar tepat dan tidak salah peletakannya agar menimbulkan efek menarik saat orang melihatnya.

3.  Desainer Flash – Mereka adalah ahli di bidang Flash (salah satu program desain web) dan kreatif menggunakan efek visual untuk mempercantik sebuah website. Tanpa mereka, internet akan menjadi tidak menarik karena dari visualnya saja sudah tidak menarik dilihat dan akan terkesan monoton tanpa sentuhan art.

4. Ilustrator – Bekerja dengan seni digital atau pensil dan tinta, ilustrator mampu mendesain untuk menyampaikan sebuah pesan. Hanya dengan sketsa saja, para ilustrator sudah bisa berkontribusi pada dunia grafis dan ini menjadikan mereka semakin dicintai karena selalu berpegang teguh pada ilustrasi sebelum menjadikan grafis tersebut divisualisasikan pada software.

5. Artis Photoshop – Menggunakan aplikasi Photoshop, mereka adalah seniman yang mereka ulang, memperindah atau menyempurnakan sebuah gambar untuk hasil yang maksimal dalam penyampaian pesan maupun visual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar