Selasa, 04 April 2017

Bukan Hanya Nekat, Ini Dia 5 Modal Utama Menjadi Freelance


Ada berbagai alasan yang membuat banyak orang saat ini lebih memilih untuk berhenti dari pekerjaannya dikantor dan memilih untuk menjadi freelancer, diantaranya adalah adanya anggapan bahwa seseorang belum akan mencapai puncak karir selama dia masih menjadi anak buah orang lain.



Alasan lainnya adakah freelance memiliki keuntungan tersendiri dengan terbebas dari pekerjaan yang mengharuskan ia bekerja dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Memang, menjadi freelance memiliki nuansa berbeda tersendiri, namun apakah semudah itu menjalaninya? tentu saja tidak, karena ada banyak modal utama yang harus dipersiapkan bukan hanya modal nekat saja.

Untuk itu, kami akan share kepada Anda beberapa modal utama agar Anda bisa menjalani pekerjaan sebagai seorang freelance dengan baik.

Kreatif dan Inovatif

Silahkan urungkan niat Anda untuk menjadi seorang freelancer apabila Anda tidak memiliki kreativitas serta inovasi yang cukup tinggi, karena pastinya Anda akan tergerus oleh zaman yang semakin haris semakin berkembang ini. Jadi sebelum menjadi freelancer, pastikan diri Anda memiliki kemampuan yang cukup dalam bidang yang Anda geluti, lalu tetap kreatif dan inovatif seiring waktu dan jangan pernah malas untuk belajar hal-hal baru.

Memiliki Skill

Memiliki daya kreativitas dan inovatif saja belumlah cukup untuk menjadi modal seorang freelancer karena skill yang mumpuni mutlak harus Anda miliki, karena memiliki ide yang cemerlang namun tidak memiliki skill untuk mengaplikasikannya tentu sama saja angan-angan belaka. Skill merupakan modal dasar Anda untuk bisa menjadikan ide besar Anda menjadi kenyataan.

Networking

Salah satu hal untuk menutupi kurangnya skill adalah dengan menggunakan skill orang lain agar tetap bisa mengaplikasikan ide cemerlang Anda tadi, namun untuk itu tentu Anda butuh partner yang cocok, kemampuan Anda membangun jaringan merupakan kunci untuk mendapatkan orang-orang terbaik yang bisa Anda ajak kerja sama. Selain itu jaringan yang luas juga sangat penting bagi seorang freelancer, karena seorang freelancer memang dituntut untuk mampu membangun network yang baik.

Pandai Mengatur Hidup

Menjadi seorang freelancer terkadang bisa membuat seseorang terlena dan akhirnya berakhir dalam kegagalan demi kegagalan. Jika tidak pandai-pandai mengatur hidup maka Anda bisa menjadi orang yang terjebak dalam kemalasan, bangun siang, badan jarang gerak, bosan, kekurangan uang dan lainnya.

Semangat

Memang benar seorang freelancer itu bisa bekerja kapan saja, tidak perlu datang pagi-pagi buta ke kantor dengan perjalanan yang macetnya minta ampun. Namun bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan, justru ketika menjadi seorang freelancer Anda harus bisa semangat dan harus mempunyai etos kerja yang tinggi, karena bekerja sebagai freelancer maka Anda membawa personal branding Anda sendiri.


Nah, itulah 5 modal utama yang bisa menjadikan Anda seorang freelance yang tahan banting ditengah derasnya profesi serupa saat ini. Freelance memang mudah dijalani, namun seperti yang dilansir situs jasa company profile bahwa freelance tidak bisa dijalani secara terburu-buru karena dibutuhkan persiapan matang untuk menjamin hidup Anda dalam menjalani profesi ini. So, siapakah Anda menjadi seorang freelance?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar