Selasa, 04 April 2017

5 Skill Utama yang Harus Dimiliki Front-End Developer


Skill dasar untuk menjadi seorang front-end developer atau orang yang bekerja pada bidang front-end development setidaknya ada beberapa yang harus dikuasai. Jika semuanya dipahami dengan baik dan benar, bukan tidak mungkin akan menjadi seorang yang sangat dibutuhkan dalam hal pengembangan front-end, pekerjaan akan muncul dengan sendirinya karena permintaan pada sektor front-end saat ini memang sedang tinggi.



Front-end web development juga dikenal dengan istilah client-side development yaitu bidang pekerjaan yang tugasnya memproduksi file HTML, CSS dan Javascript untuk sebuah website atau aplikasi web dimana nantinya user akan berinteraksi dengan menggunakan web dan aplikasi tersebut.

Jika Anda termasuk orang yang tertarik untuk menjadi seorang front-end web developer yang bekerja untuk mengurusi berbagai hal seputar tampilan web, berikut ini skill dasar yang setidaknya harus Anda pelajari dan kuasai.

Javascript

Jika Anda bertanya pada saya bahasa pemograman apa yang paling menjanjikan saat ini, jawabannya saya adalah Javascript. Javascript digunakan hampir oleh sebagian besar website yang ada di internet saat ini.

Javascript memungkinkan Anda untuk menambahkan fungsionalitas kepada website Anda. Anda juga bisa membuat elemen yang interaktif dengan bantuan Javascript, selain itu Javascript dianggap sebagai bahasa pemrograman paling populer dikalangan developer.

HTML dan CSS

HTML dan CSS merupakan satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan dalam web modern, tanpa HTML tidak akan ada halaman website, tanpa CSS tidak akan terlihat menarik halaman web, jadi keduanya merupakan syarat utama yang harus dipelajari dan dikuasai untuk menjadi seorang yang ahli pada bidang front-end development.

Web Performance

Salah satu faktor yang membuat website bisa berjaya di mesin pencari adalah keberhasilan SEO, salah satu faktor keberhasilan SEO itu adalah bagaimana performa website tersebut, kecepatan website menjadi faktor yang diperhitungkan oleh mesin pencari, khususnya Google.

Dari sisi pengguna, dilansir situs jasa web profile, kecepatan website juga mempengaruhi pengunjung, berdasarkan data berbagai survei, pengunjung yang menunggu lebih dari 3 detik ketika membuka website, cenderung akan langsung meninggalkan website tersebut, dan mencari apa yang dibutuhkannya dari website lain.

Javascript Framework

Javascript framework atau biasa kita sebut kerangka kerja Javascript saat ini mulai banyak diciptakan oleh developer, beberapa javacript framework yang terkenal saat ini yaitu AngularJs, Backbone, Ember dan ReactJS.

Terdapat berbagai tipe framework untuk berbagai keperluan, dan beberapa yang disebutkan diatas merupakan yang sedang populer saat ini, sehingga banyak sekali permintaan untuk kemampuan tersebut pada lowongan pekerjaan. Dengan Javascript framework, front-end developer bisa bekerja lebih teratur, lebih mudah dan tidak perlu menulis kode javasdript dari awal, penulisan kode javascript menjadi lebih ringkas.

Debugging & Testing

Proses pengembangan website memang banyak menimbulkan bugs, bug jika tidak ditangani dengan baik akan berdampak buruk bagi website kedepannya. Bug bisa menjadi celah keamanan, bisa juga menjadi hal yang merugikan karena sesuatu bisa tidak berfungsi dengan baik karena masih ada yang tidak beres dari kode yang ditulis.

Oleh karena itu seorang front-end developer harus bisa melakukan debugging dan testing terhadap apa yang sudah dia buat, agar keberadaan bugs semakin minim. Unit testing sebagai sebuah proses untuk menguji blok kode secara individual penting untuk dipelajari, framework unit testing yang ada saat ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik itu untuk pengujian logika penulisan kode, dan UI testing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar