Selasa, 25 April 2017

Inilah Alasan Mengapa Perusahaan Mendesain Ulang Logonya


Logo Perusahaan merupakan identitas visual yang mengandung citra diri dan filosofi yang melekat pada sebuah perusahaan. Logo perusahaan harus mencerminkan visi, misi, sejarah, dan budaya dari perusahaan itu sendiri. Selain itu, logo tidak hanya menjadi identitas pembeda dari sebuah perusahaan dengan perusahaan yang lain,  namun logo harus mampu mewakili karakter perusahaan dan cita-cita yang dibangun pada seluruh entitas yang ada di dalamnya.



Berbicara tentang logo, banyak perusahaan yang suka dan sering mendesain ulang logonya. Mengapa? Meskipun sudah dikenal luas, meredesain logo banyak yang bilang wajar karena mungkin perusahaan berada dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk berkembang dan ingin meningkatkan kembali citra perusahaannya ditengah banyaknya perusahaan sejenis yang sama saat ini.

Sebagai informasi saja, berikut ini ada beberapa alasan perusahaan meredesain logonya, diantaranya adalah.

Logo Tidak Sesuai Dengan Perkembangan Zaman dan Trend

Logo mempunyai usia untuk eksis di masanya. Ada kalanya logo bisa berjaya dengan desainnya yang klasik dan ekslusif, namun ada saatnya gaya desain logo yang klasik itu tidak sesuai dengan perkembangan trend, sehingga brand yang diangkat menjadi usang. Di saat seperti inilah, perusahaan harus meredesain logonya untuk menyegarkan identitas perusahaan agar dapat berkomunikasi dan bergaul kembali dengan seluruh stakeholder seusai dengan perkembangan zaman. Trend desain terbaru juga turut mempengaruhi proses redesain logo sebuah perusahaan.


Kebudayaan

Sebuah logo perusahaan yang telah mendunia, tidak hanya eksis di satu Negara, namun juga eksis di Negara lain dengan kebudayaan yang berebeda. Terkadang logo yang kita anggap bagus di satu Negara, malah menjadi logo yang tidak bermakna di Negara yang lainnya. Warna, bentuk, lambang atau elemen logo bisa saja memiliki pemaknaan yang multitafsir, sehingga sangat penting bagi perusahaan yang telah ekspansi ke Negara lain, melakukan redesain logo perusahaan agar dapat diterima di berbagai negara dengan budaya yang berbeda pula.

Kemiripan Logo Perusahaan Anda dengan Perusahaan Lain

Logo perusahaan merupakan identitas yang menjadi pembeda dari perusahaan lainnya serta dibutuhkan untuk membangun kepercayaan pada sebuah brand. Jika logo perusahaan Anda mirip dengan logo perusahaan lain, maka Anda harus meredesain logo perusahaan secepatnya. Sebelumnya lakukan riset terlebih dahulu, apakah kedua logo tersebut mirip karena penjiplakan atau karena unsure ketidaksengajaan. Karena bagaimanapun juga, kemiripan sebuah logo dari warna, bentuk, letak, susunan, teknis pemasangan akan mempengaruhi kekuatan brand Anda sekaligus menurunkan trust dari konsumen Anda.

Perubahan Visi dan Misi Perusahaan

Visi dan misi perusahaan dapat berubah saat kepemilikan perusahaan beralih pada pihak lain. Hal inilah yang melatarbelakangi perusahaan harus meredesain logonya. Perubahan logo perusahaan harus disesuaikan dengan citra dan cita-cita baru yang diusung oleh pemegang kebijakan yang baru pula.

Masalah Teknis pada Penggunaan Logo

Saat pertama kali membuat desain logo, hal pertama yang terlintas di pikiran Anda adalah bentuk logo yang unik, kreatif, colourful, elegan dengan kesan mewah. Tapi tanpa disadari, ternyata logo perusahaan tersebut terkendala masalah teknis peletakan saat diimplementasikan pada media cetak maupun media promosi yang lain. Sebaiknya sebelum mendesain logo, sebaiknya Anda mempersiapkan rencana implementasi logo tersebut pada media cetak yang terkait, seperti implementasi pada stationery, seragam karyawan, mobil branding, logo di website dan media yang lain.

Itulah 5 alasan perusahaan harus meredesain logonya. Semoga artikel ini bisa menambah referensi Anda tentang logo dan seluruh entitas yang ada di dalamnya. Ingat, seperti yang dilansir situs jasa company profile bahwa logo sebisa mungkin harus didesain dengan benar dan memiliki nilai originalitas di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar