Kamis, 13 April 2017

Apakah Seorang Desainer Grafis adalah Seorang Seniman?



Apakah seorang desainer itu adalah seorang seniman? Pastinya pertanyaan ini sering ditanyakan oleh mereka yang baru ingin masuk ke dalam ranah desain grafis atau oleh mereka yang masih hijau dan baru mengenal desain grafis sebagai sebuah passion yang akan digeluti.



Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya sangat simple karena dalam kehidupan sehari-hari kita dapat dengan mudahnya membedakan antara praktik seni rupa yang dilakukan oleh seniman dengan praktik desain yang dilakukan oleh mereka yang mengaku sebagai desainer grafis atau penyedia jasa web profile.

Sebelum kita menjelaskan secara rinci tentang pertanyaan diatas, mari kita ulas terlebih dahulu tentang seni dimana dalam artiannya merupakan sebuah ekspresi bebas dari seorang seniman yang bersifat murni estetik. Seni khususnya seni rupa biasanya berbentuk lukisan, plakat atau patung dimana pembuatannya lahir dari pemikiran, memiliki unsur keindahan dan ingin menonjolkan sebuah konsep visual yang tiada batas. Bukan untuk komersial atau kegunaan sebuah brand, seniman dalam hal ini membuat seni rupa sebagai sebuah keharusan yang sudah melekat di dalam namanya.


Sedangkan desain grafis, dijelaskan berfungsi sebagai problem solver bagi permasalahan komunikasi visual. Dengan kata lain, seorang desain grafis sama seperti seniman yang membuat mahakarya hanya saja peranannya disini lebih ke komersial dengan mengkomunikasikan grafis dengan pesan atau untuk mempromosikan sebuah media agar dikenal banyak orang dalam bidang digital creative.

Bagaimana pun, tugas utama seorang desainer grafis adalah menyampaikan informasi atau pesan-pesan dari klien kepada audiens yang dituju. Untuk menyampaikan pesan tersebut, desainer perlu menggunakan elemen-elemen visual seperti garis, warna, gambar dan bidang yang disusun sedemikian rupa dan semenarik mungkin. Sehingga, pesan dari klien kepada target audiens dapat tersampaikan dengan baik dan juga menarik.

Jika ditanya apakah desainer grafis termasuk kedalam seniman tentu saja jawabannya adalah Ya. Hanya saja, seniman disini bukanlah yang biasa kita kenal sejak dulu, namun seniman virtual yang bertujuan menyampaikan sebuah gambar menjadi pesan namun tetap mengandung unsur estetika dan tetap sesuai dengan tujuan dan maksud dari pembuatan desain itu sendiri.

Bagaimana, apakah penjelasan terkait pertanyaan diatas sudah Anda cerna dengan baik? Harus diingat jika desain termasuk seniman dan desainer yang baik adalagh mereka yang selalu memasukan unsur visual yang berkualitas kedalam desain yang dibuatnya karena untuk menciptakan desain yang berkualitas, seorang desainer grafis dituntuk memiliki sense of aesthetic yang memadai, dan tentu saja keahlian untuk mengoperasikan software desain lewat komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar