Kamis, 20 April 2017

Kenali Sejarah Logo di Seluruh Dunia


Segala sesuatu hal di dunia ini pastinya memiliki sejarahnya, termasuk logo. Mungkin Anda tidak akan mengira bahwa ternyata perjalanan sebuah logo sudah ada sejak lama dan terus berkembang hingga saat ini. Mulai dari logo yang simple hingga yang rumit sekalipun.



Mari sejenak kita mempelajari sejarah dari logo, karena seperti yang dilansir situs jasa company profile, perkembangan desain logo dari masa ke masa, juga patut mendapatkan perhatian lebih, karena desain logo yang ada di masa kini merupakan hasil dari penyempurnaan logo di masa lalu. Keahlian manusia dalam mendesain logo juga ditentukan dengan pengamatannya pada logo-logo yang sudah diciptakan sebelumnya.

Penasaran bagaimana sejatinya perkembangan logo hingga saat ini? berikut kami informasikan kepada Anda bagaimana logo sejatinya telah menjadi bagian dalam sejarah dunia.

1. Logo SPQR (27 SM – 476)

Pada jaman kekaisaran Romawi (27 SM – 476), diciptakan identitas nasional pertama. Logo pertama di dunia adalah SPQR. SPQR adalah singkatan dari Senatus Populusque Romanus, atau Senat dan rakyat Roma. Diterapkan pada koin, literature politik, legal, sejarah, pada monument dan lain-lain.



2. Logo Stonemason Mark (Abad ke 13-14)

Sejak Abad ke-13, sebagai identifikasi kepemilikan, kerajaan Inggris selalu membubuhkan lambang kerajaan ke berbagai benda, dari bangunan dan benda-benda inventaris sampai ke atas roti. Di abad ke 14, para seniman mulai mencantumkan simbol pada karya-karya mereka termasuk pada bangunan. Stonemason mark adalah simbol yang dibuat oleh tukang bangunan pada dinding gereja, kastil, jembatan dan lain-lain, untuk menginformasikan bahwa bangunan itu adalah hasil karyanya.



3. Logo VOC 1619

Tahun 1619, Jan Pieterszoon Coen menyatakan Batavia sebagai pusat perdagangan Belanda di Asia Timur melalui perusahaan dagang VOC : Vereenigde Osst Indische Compagnie, Monogram VOC diterakkan di semua bangunan dan benda inventaris mereka. Jika dilihat dari logonya, VOC cukup simple dengan memuat 3 huruf saja, namun penggabungan tersebut sangat menarik dan menyita perhatian dunia sebagai logo revolusioner yang pernah ada.



4. Logo J Walter Thompson 1880

Tahun 1880-an, James Walter Thompson menerbitkan The J Walter Thompson Blue Book menjadi buku seri pertama yang mengulas tentang brand. Ia juga yang memperkenalkan Creative Departement dalam agensi periklanan. Agensi Periklanan JWT yang didirikannya tahun 1864 kini menjadi salah satu yang terbesar di dunia.



5. Logo P&G 1900-an

Pada awal abad 19, Procter dan Gamble merupakan salah satu perusahaan pelopor yang menyadari manfaat penggunaan trademark secara konsisten dan tidak hanya itu, P&G juga pelopor pembangunan laboratorium penelitian internal untuk menciptakan produk-produk baru dan melakukan market research untuk mengetahui kebutuhan pelanggan.



6. Logo-logo Perusahaan di Tahun 2000-an

Di tahun 2000-an, ditandai dengan makin maraknya produksi personal dan bertukar informasi dengan leluasa. Gelombang Web 2.0, menulis di blog atau website pribadi, membuat film indie, music indie, dan men-sharekannya ke seluruh Dunia. Dipermudah oleh mobile technology yang canggih. Semakin banyak kreasi-kreasi desain buatan pribadi termasuk logo yang kreatif dan keluar dari batasan-batasan konvensional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar