Minggu, 02 April 2017

Langkah Efektif Promosikan Diri Sebagai Desainer Grafis Secara Online


Sama seperti profesi dalam bidang lain, menjadi desainer grafis juga harus pintar-pintar memasarkan diri sendiri dengan karyanya agar bisa menarik banyak orang sehingga mereka bisa tertarik menggunakan jasa kita. Dengan begitu jaringan kita menjadi luas dan nama kita lambat laun akan mudah dikenal orang dengan ciri khas karya desain yang kita miliki.



Maka dari itu selain skill yang mumpuni, desainer grafis masa kini harus bisa memasarkan diri sendiri dengan baik seperti dengan mengandalkan sosial media sebagai salah satu wadah dalam mempermudah memperkenalkan diri kepada semua orang bukan hanya dengan karya saja tetapi memperkenalkan siapa Anda. Nah kali ini kita ingin berbagi cara promosi/memasarkan diri sebagai desain grafis secara online. Simak informasinya dibawah ini.

Membuat Blog/Web Pribadi

Orang lain akan mengenal Anda sebagai desainer grafis, itu berarti Anda harus membuat blog/website yang berkaitan dengan desain, mulai dari yang paling mudah, yaitu memperlihatkan portofolio Anda lalu mempublikasikan proses kerja, referensi/inspirasi, artikel dan lainnya. Sedangkan untuk website pribadi itu bisa Anda gunakan sebagai alat untuk memperluas brand Anda. Mulailah banyak membaca tentang bidang selain desain yang bisa mendukung profesi sebagai desainer. Seperti pemasaran, bisnis, teknologi (internet), dan tulis menulis (copy writing).


Menjadi Penulis Tamu di Blog Lain

Jika Anda terlalu sibuk untuk membuat blog/website sendiri, cobalah  menjadi penulis tamu di blog lain. Tawarkan diri untuk menulis di blog yang Anda sukai, atau bahkan bisa lebih baik lagi jika Anda mendapat tawaran untuk menulis di blog lain, jangan sampai Anda lewatkan. Dampak dari langkah ini mungkin bisa lebih baik dibanding mengolah blog sendiri. Biasanya blog lain akan melakukan pemasaran untuk blog-nya sendiri sehingga Anda tidak perlu susah-susah memasarkan.

Masukan Portofolio Anda di Jejaring Sosial Khusus Desain

Nah ini adalah rumah kedua bagi Anda desainer grafis selain di blog/website pribadi Anda. Anda akan bertemu dengan teman-teman seperjuangan Anda yang akan saling memberikan feedback terhadap desain Anda. Jejaring sosial desain ini ada banyak sekali antara lain : Pinterest, DevianArt, Behance, Dribble, Design Couch dan banyak lagi. Biasanya klien potensial mencari desainer melalui jejaring sosial khusus desain seperti itu. Yang saya ketahui di Behance client seperti EA, Adobe, AT&T, Microsoft Corporation dan masih banyak client lainnya sering mencari talenta-talenta desainer grafis.

Bagikan Link Menarik Anda Via Sosial Media

Jika Anda lebih senang membaca blog milik orang lain it’s ok. Anda masih bisa membagikan tautan yang Anda anggap menarik dan berguna untuk teman Anda tentunya. Langkah ini akan membentuk opini teman atau publik tentang siapa Anda sebenarnya. Contohnya jika Anda sering membagikan tautan desain yang menarik atau tautan tutorial terkini maka publik akan menganggap Anda tahu banyak tentang desain. Langkah ini mempengaruhi emosional publik terhadap Anda dan disinilah proses branding Anda mulai dibangun.

Sosialisasi

Langkah yang terakhir ini walaupun kecil tapi memiliki efek yang sangat Dilansir situs jasa company profile, sosialisasi bisa dimulai dari yang paling mudah yaitu memberikan komentar di blog lain (blog walking) atau memberikan komentar pada jejaring sosial khusus desain seperti Deviantart. Kemudian membalas pesan dari pembaca blog, web, atau jejaring sosial.

Semua langkah bukanlah cari instan, diperlukan proses waktu dan konsistensi Anda untuk menjalankannya. Mulailah dari yang terkecil dan mulailah dari sekarang (jangan seperti saya yang baru memasarkan diri setelah lulus kuliah). semakin dini Anda memasarkan diri Anda semakin bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar