Selasa, 04 April 2017

Keuntungan dan Kerugian Bekerja Sebagai Freelance


Freelancer adalah orang yang bekerja untuk satu perusahaan ataupun pada perorangan tanpa perjanjian jangka panjang yang mengikat, tanpa ikatan kerja yang ketat. Pekerjaan sebagai freelance bisa dilakukan oleh anak muda yang masih sekolah, kuliah, orang dewasa, karyawan swasta ataupun pegawai negeri. Karena freelance bisa dijadikan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Walaupun ada juga sebagian orang yang menjadikan freelance sebagai pekerjaan utamanya dengan bekerja full time.



Pada artikel sebelumnya tentang pengertian freelance kita sudah membahas sekilas tentang bagaimana bekerja freelance. Kali ini, kami akan membahas beberapa keuntungan beserta kerugian yang siap dihadapi Anda saat bekerja sebagai seorang freelance. Apa saja? simak informasinya dibawah ini.


Keuntungan Kerja Freelance

Terdapat banyak keuntungan yang bisa dimiliki oleh orang yang bekerja freelance, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Mendapatkan penghasilan tambahan

Bisa mendapatkan penghasilan tambahan merupakan alasan utama orang memutuskan kerja freelance, karena memang pekerjaan ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan sambilan, tanpa harus mengganggu pekerjaan utama. Sedangkan untuk Anda yang masih mahasiswa tentu ini bisa menjadi solusi agar bisa mandiri dengan tidak meminta uang kepada orang tua.

2. Latihan wirausaha

Apabila Anda memiliki cita-cita menjadi seorang wirausahawan, maka mulai melangkah sebagai freelancer tentu menjadi salah satu langkah yang tepat. Dengan bekerja sebagai freelance terlebih dahulu bisa membuat Anda mengerti seluk beluk pekerjaan yang sesungguhnya nanti, selain itu bekerja sebagai freelance melatih diri untuk bisa bekerja secara mandiri dan belajar disiplin untuk mengerjakan pekerjaan sesuai target waktu yang disepakati.

3. Waktu kerja fleksibel

Karena bekerja sebagai freelancer tidak perlu datang ke kantor setiap hari jadi waktu kerja bisa fleksibel dan bebas untuk pengaturannya, yang penting pekerjaan selesai dengan baik. Anda yang bekerja kantoran bisa mengatur waktu untuk bekerja freelance pada malam hari atau pada hari-hari libur.

4. Jadi bos untuk diri sendiri

Tentu enak jika bisa menjadi bos, jika saat ini belum bisa menjadi bos di sebuah perusahaan atau instansi yang memiliki banyak anak buah, maka dengan freelance maka Anda setidaknya bisa menjadi bos untuk diri sendiri. Mengapa demikian? karena tidak akan ada bos atau orang-orang yang akan menekan Anda dalam bekerja.


Kerugian Menjadi Freelancer

Setiap bidang pekerjaan tentu memiliki sisi baik dan sisi buruk, jika diatas tadi kita sudah bahas kelebihan atau keuntungan bekerja sebagai freelancer, kini kita akan bahas juga apa kekurangan dan kerugian bekerja freelance.

1. Muncul gangguan

Karena freelancer biasanya tidak pergi ke kantor, terkadang ada saja gangguan yang muncul ketika sedang bekerja. Misalnya saja jika Anda sudah punya anak, bisa saja tiba-tiba anak muncul dan merecoki pekerjaan Anda, ini tentu bisa mengganggu konsentrasi. Jadi harus pintar dalam menentukan ruang kerja agar tidak terganggu.

2. Disiplin diri

Bekerja tanpa waktu yang pasti membuat sebagian besar pekerja freelance menjadi sulit mengatur waktu. Kurang disiplin menjadikan kehidupan freelancer jadi semau-maunya. Terkadang bangun siang, tidur larut malam, dan masalah indisipliner lainnya.

3. Tidak adanya tunjangan

Jika kantor biasanya memberikan berbagai tunjangan seperti asuransi kesehatan, tunjangan hari raya, atau bonus lainnya jika lembur, maka pekerja freelance sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan hal tersebut. Paling-paling bonus dari klien jika pekerjaan memuaskan.

Nah, itulah beberapa keuntungan dan kerugian bekerja sebagai seorang freelance. Tentu tidak mudah dalam menjalani peran freelance, karena seperti yang dilansir situs jasa company profile, menjadi seorang freelance khususnya desainer grafis harus siap dalam segala hal khususnya tidak adanya jaminan dan tunjangan seperti yang bisa di dapatkan dari bekerja pada perusahaan. Apakah freelance bagus? tentu, karena memiliki banyak keuntungan seperti yang sudah disebutkan diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar