Senin, 27 Februari 2017

5 Tips Menentukan Topik Saat Memulai Blog Baru


Dibandingkan blog yang sudah lama, merancang blog baru dari awal sangatlah sulit, khususnya menentukan topik apa yang akan diangkat dimana nantinya topik inilah yang akan menjadi 'tamu utama' dalam blog dengan isinya.



Menentukan topik sangat untuk untuk diperhatikan disaat Anda mulai ngeblog. Ada berbagai aspek penting yang harus anda kaji dan ketahui terlebih dahulu. Mengapa sepenting itu ? Simple, alasannya agar Anda bisa santai & menikmati aktivitas ngeblog anda, menghasilkan artikel-artikel yang berkualitas, serta konsisten tentang apapun hal dan tema di dalam blog itu sendiri.

Oke, mari kita bahas hal diatas dan inilah beberapa tips dalam memilih topik saat memulai sebuah blog.

1. Minat Dan Bakat

Sebelum memulai ngeblog, anda harus tahu dulu minat dan bakat anda. Minat dan bakat akan sangat mempengaruhi konsistensi ngeblog kedepannya. Carilah topik blog yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Ketika seseorang bekerja sesuai dengan apa yang disukainya, tak akan ada kata lelah dalam menjalankannya. Sedangkan, bakat yang anda punyai akan sangat berpotensi untuk menghasilkan konten blog berkualitas.


2. Keterampilan

Mungkin anda sudah menyukai beberapa topik blog. Namun, ada satu pertanyaan lagi. “Apakah anda benar-benar menguasainya ?”. Untuk membuat konten berkualitas pada blog, anda harus benar-benar menguasai topik yang anda pilih. Nah, seberapa terampilkah anda dalam bidang itu ? Semakin ahli, semakin bagus.

3. Topik Sejenis & Saingan

Ingatlah, Ngeblog bukanlah sesuatu yang baru. Pasti sudah banyak para pendahulu anda yang setopik dengan anda. Yang perlu anda pertimbangkan adalah berapa banyak dan seberapa kuat/berkualitas mereka. Untuk mengetahui seberapa banyaknya, tinggal ketikkan kata kunci calon topik pilihan anda di google. Sedangkan untuk mengecek seberapa berkualitas, gunakan Alexa rank dan Page rank sebagai parameter pengecekan blog yang muncul dihalaman pertama pencarian.

4. Waktu

Beberapa topik blog, membutuhkan waktu yang banyak dalam sehari untuk mengurusnya. Misal, blog yang berisi tentang berita teknologi akan memerlukan waktu pengurusan lebih banyak daripada blog yang berisi Tips-tips SEO. Lebih realitaslah. Sesuaikan waktu lenggang yang anda punya dengan waktu yang harus anda sisihkan untuk ngeblog. Tentunya anda juga harus tahu dulu berapa banyak waktu yang harus anda sisihkan untuk blog dengan topik tertentu.

5. Peluang Menghasilkan Uang

Poin ini sangat penting jika anda ngeblog untuk uang. Seberapa besar peluang yang anda punya untuk memonetisasi blog anda, karena seperti yang dilansir situs jasa desain logo, tidak semua topik blog cocok dengan program monetisasi tertentu. Misalnya, Blog dengan topik catatan perjalanan akan sangat rancu jika dimonetisasi dengan program paid review dan affiliate. Semuanya harus selaras dengan topik. Akan lebih baik jika cara memonetisasi blog anda justru menjadi bagian dari konten itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar