Senin, 20 Februari 2017

Mengapa Bisnis UKM Butuh Website Profesional? Ini Alasannya


Seperti pemilik bisnis kecil atau UKM kebanyakan, mungkin anda berpikir kalau anda tidak akan mendapatkan keuntungan jika memiliki website. Anda mungkin berpikir kalau memiliki sebuah website merupakan pelengkap saja atau merasa bahwa customer potensial anda tidak perlu menggunakan komputer untuk menemukan lokasi bisnis anda.


Namun nyatanya, hal diatas merupakan kesalahpahaman yang sering dilakukan oleh pemilik usaha kecil. Sebagai informasi saja, dizaman yang terus berkembang ini, teknologi semakin tidak terpisahkah dengan semua orang, dan fakta berkata bahwa kehadiran website pun bukanlah pelengkap tetapi sebagai kebutuhan bisnis Anda.

Website bisa menjadi identitas dan portal berita untuk mendekatkan Anda dengan konsumen. Dengan adanya website, user juga merasa bahwa UKM Anda memiliki kedibilitas tinggi, meskipun nyatanya bisnis yang dijalankan belum terlalu besar.

Berikut beberapa alasan kenapa bisnis UKM butuh website profesional yang perlu Anda ketahui.


1. Website Membuat Kredibilitas Bisnis UKM Anda Meningkat

Saat ini, semakin banyak dan terus bertambahnya orang yang menggunakan internet untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan. Butuh  rekomendasi tempat makan, liat Yelp. Mau naik ojek, panggil Go-Jek. Mau beli baju, liat Zalora. Nah, kalau bisnis UKM anda punya website sama seperti yang sudah dikemukakan diatas, nilai kredibilitas anda akan meningkat karena anda dianggap merupakan bisnis yang benar-benar serius di bidang ini dan tampak profesional.

Namun tidak semua desain website membuat website anda semakin terpercaya. Kalau website anda masih ‘home-made’ alias coba-coba bikin sendiri atau menyerahkan ke pembuat website murahan/amatiran, bisnis anda justru bisa menjadi tidak menarik dan kehilangan kredibilitas. Maka dari itu, gunakanlah jasa pembuatan website profesional atau jasa pembuatan company profile yang sudah memiliki jam terbang tinggi.

2. Website Menghemat Uang Anda

Sejak zaman orang sudah sering berbelanja online, maka kemudahan untuk berbelanja juga semakin berkembang. Jika anda sudah memiki website yang sudah menghasilkan pembeli, maka bisnis anda nantinya tidak akan bergantung dengan teknik penjualan konvensional dimana harus menyewa tempat alias mengontrak toko per tahunnya. Jika dibandingkan, modal membuat toko untuk berjualan dibanding membuat website toko online sudah sangat jauh lebih murah.

3. Website Membuat Pelanggan Anda Tetap Mendapat Informasi Secara Berkala

Bayangkan website bisnis UKM anda sebagai sebuah brosur online atau katalog online. Mengupdate informasi baru tentang produk atau jasa anda lebih mudah dan cepat dibanding harus menyebarkan informasi tersebut menggunakan media cetak. Tinggal klik-klak-klik, selesai.
Biasanya anda hanya butuh membuat informasi yang sedang diselenggarakan dengan membuat sebuah blog post yang dibuat di website lalu disebarkan melalui media sosial agar penyebarannya menjadi lebih cepat. Anda bisa membuat artikel tentang produk baru, event yang akan diselenggarakan, promosi spesial atau jasa baru yang anda tawarkan disana.

4. Mudah Diakses Kapanpun dan Dimanapun

Karena sifatnya yang selalu online, maka website selalu dapat diakses oleh calon konsumen anda setiap saat. Dengan mempunyai website, bisnis UKM anda tetap dapat berjalan sepanjang 24/7/365. Para pembeli pun bisa membeli produk anda kapanpun dan dimanapun. Ketika anda sedang tidur di malam haripun, jika anda pembeli yang ingin membeli produk tengah malam masih bisa dapat dilakukan. Jika ada kejadian ini, anda tinggal memproses pesanan ketika anda sudah memulai kerja keesokan harinya.


Itulah beberapa alasan yang mana kehadiran website pada bisnis UKM sangatlah penting untuk menampilkan sisi profesionalisme di dalamnya. Jika Anda orang yang bergelut dalam bisnis UKM belum memiliki website resmi, segeralah buat karena banyak keuntungan memiliki website sendiri yang tidak akan pernah dirasakan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar