Minggu, 12 Februari 2017

Info Desain Grafis : 5 Ciri-Ciri Logo Yang Baik


Logo saat ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar saja. Perusahaan yang baru dimulai, event kampus, produk industri rumahan, bahkan blog pribadi dan jasa desain company profile sekalipun saat ini mulai menggunakan logo sebagai bagian dari identitas mereka.


Memang, tak dipungkiri bahwa logo menjadi sesuatu yang sangat penting bagi suatu merek baik itu perusahaan, produk, website atau pun event, sebab dari sana lah mereka akan dikenal oleh masyarakat luas dan diterima kepemilikan brand maupun jasa yang dimilikinya.

Logo ibarat wajah, setiap orang pasti membutuhkannya agar mudah dikenali. Namun, bagaimanakah ciri-ciri dari Logo yang baik itu? berikut ulasannya untuk Anda ketahui.


Tidak Berdasarkan Trend yang Sedang In

Membuat design logo yang berdasarkan trend hanya akan bertahan ketika trend itu sedang hits saja. Ketika trend sudah berganti, design logo tersebut akan terlihat kuno dan ketinggalan jaman.

Usahakan untuk membuat design logo yang dapat bertahan selama mungkin tanpa harus melakukan desain ulang. Sebab begitu logo Anda desain ulang, berarti Anda juga me-reset ulang ingatan masyarakat akan produk Anda.

Tidak Memakai Banyak Warna

Warna dalam sebuah logo adalah hal penting agar terlihat lebih menarik dan berkarakter, tetapi hindari terlalu banyak warna yang hanya akan membuat logo Anda terlihat membingungkan. Cobalah untuk membuat design logo dengan paling banyak 4 warna, atau apabila memang ingin memakai banyak warna, cobalah untuk membuat kombinasi yang logis dan enak dilihat. Jika memungkinkan, gunakan teori psikologi warna agar tetap menarik dan tidak membuat semua orang kehilangan arah saat melihat logo Anda.

Tidak Meniru Logo Lain

Originalitas sebuah logo itu penting agar ketika orang melihat logo Anda, ia tidak mengingat produk lain selain produk Anda.  Apa yang Anda ingat ketika melihat gambar buah apel yang tergigit? Pasti langsung ke merek gadget ternama, Apple Inc.

Apabila gambar apel tergigit itu ternyata logo perusahaan lain, maka Anda akan langsung mencap logo itu sebagai plagiat. Tidak ingin kan logo mu berakhir seperti itu? Maka dari itu, hindari plagiatisme agar identitas Anda tetap bertahan dan berdiri ditengah gempuran banyak produk yang sama.

Tidak Menimbulkan Arti Lain Ketika di Utak-Atik

Beberapa logo perusahaan ditarik dari peredaran karena masyarakat menemukan arti lain ketika dilihat dari sisi yang berbeda. Misalnya logo “Weight Watchers” yang ketika dilihat lebih jelas ternyata tanpa disengaja terselip kata-kata kotor pada logonya. Teliti ulang design logo Anda sebelum mempublishnya, bisa dengan cara meminta pendapat dari orang-orang disekitar Anda.

Tidak Terlalu Abstrak

Salah satu fungsi logo adalah untuk menjadi identitas dan penyampai pesan. Ketika orang tidak melihat apapun dari logo Anda kecuali bentuknya yang unik, berarti logo Anda gagal. Pastikan untuk membuat design logo yang tetap dapat menyampaikan image dan pesan yang diinginkan, tanpa harus mengurangi keunikannya.



Itulah beberapa ciri-ciri dari sebuah logo, jika logo perusahaan Anda sudah memiliki kelima hal diatas, maka dapat dipastikan jika logo Anda masuk dalam kategori bagus dan baik. Jangan merubahnya, karena itu sudah termasuk identitas yang bisa berdampak baik pada perusahaan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar