Rabu, 15 Februari 2017

Mari Kita Buat Desain Karakter Animasi Yang Menarik


Animasi telah menjadi salah satu media desain yang banyak dibuat oleh para desainer saat ini. Namun, membuat animasi tidaklah mudah, terlebih salah satu yang paling memusingkan saat akan membuat sebuah animasi adalah desain karakter.

Saat akan membuat desain dari sebuah karakter ini, dapat dipastikan Anda akan berpikir keras tentang desain karakter animasi seperti apa yang akan dibuat, yang bukan hanya sesuai dengan imajinasimu saja, tapi juga menarik bagi penonton.


Sebuah film atau game dengan karakter animasi dipastikan tidak akan banyak peminat apabila karakter yang ditampilkan tidak menarik secara visual maupun non-visual. Sebagus apapun alur ceritanya, akan percuma apabila penonton sudah mundur duluan karena melihat karakternya tidak menarik.

Jadi, bagaimana caranya agar desain karakter animasi buatan kita disukai audience? Dalam pembuatannya, beberapa hal dibawah ini harus dipikirkan demi terciptanya karakter animasi yang menarik.

1. Cool vs Cute

Secara umum desain karakter animasi dapat dibedakan menjadi dua tipe karakter animasi besar: cute dan cool. Anda bisa membuat desain karakter animasi Anda populer di kalangan wanita dan anak-anak dengan membuat tampilan yang sangat lucu, atau populer dikalangan pria dengan tampilan yang super keren.

Keduanya bisa dipertimbangkan, tergantung desain karakter animasi seperti apa yang ingin Anda buat. Sesuaikan pula dengan konsep animasinya agar ketika orang melihat animasi yang Anda buat, mereka merasa bahwa animasi tersebut bagus bukan hanya dari desainnya saja tetapi dari karakter yang dibuat.

2. Fisik Yang 'Lebay'

Desain karakter animasi yang terlalu plain alias biasa banget tidak akan menjadi daya tarik dalam suatu animasi. Tapi, Anda bisa membuatnya terlihat menarik dengan cara melebih-lebihkan ciri-ciri fisiknya. Misalnya, apabila Anda membuat desain karakter animasi Hercules, buat ototnya 5x lebih besar dibandingkan dengan binaragawan pada umumnya.

Faktanya, semakin terlihat fiktif karakter tersebut, akan semakin mudah penonton mengenalinya dan semakin mudah pula karakter tersebut melekat di pikiran hati penontonnya meskipun karakter tersebut sedikiy berbeda dan melenceng dari apa yang ada dalam kenyataannya.

3. Properti dan Aksesoris yang Unik

Wajah dan ciri-ciri fisik desain karakter animasi Anda terlihat biasa saja? Buat properti dan aksesorisnya terlihat luar biasa. Hal ini terbukti ampuh dalam membuat suatu karakter animasi terlihat menonjol dibanding ribuan karakter animasi lainnya. Sebut saja Jedi dari Star Wars dengan lightsaber nya, atau Minnie Mouse dengan pita ekstra besar di kepalanya.

Aksesoris dan properti desain karakter animasi Anda akan menjadi ciri khusus yang melekat dan sulit dipisahkan dari karakter animasi Anda, sehingga penonton akan mudah mengingat karakter animasi Anda bahkan hanya dengan melihat aksesoris mereka saja.

4. Memiliki Background Cerita Sendiri

Sifat karakter animasi bukanlah satu-satunya hal non-visual yang harus dipikirkan ketika membuat desain karakter animasi; background cerita juga penting untuk diperhatikan. Hal ini berguna apabila Anda ingin desain karakter animasi Anda dapat melintasi berbagai platform,misalnya video game, film, buku cerita, dan sebagainya. Sebab dengan adanya background cerita, karakter animasi Anda akan bisa di eksplor lebih dalam dan dikreasikan sedemikian rupa agar sesuai dengan masing-masing platform.



Itulah beberapa cara dan info bagaimana membuat sebuah karakter animasi yang menarik. Jika Anda termasuk desainer jasa desain logo yang selalu bereksperimen dengan karakter animasi, ke empat info diatas tidak boleh dilewatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar