Rabu, 01 Februari 2017

Mengapa Logo Harus Dibuat Sederhana?



Less is More! Itulah ungkapan yang sudah banyak diketahui semua orang tidak terkecuali para desainer grafis dan para jasa desain company profile. Maksud dari ungkapan ini adalah, kesederhanaan sangat penting dalam mengkomunikasikan pesan visual, terlebih saat Anda membuat sebuah logo.


Dalam desain logo, hal ini merupakan aturan standar, dipakai oleh desainer logo diseluruh dunia dan diturunkan dari generasi ke generasi. Hingga kadang, kita sendiri melupakan esensi utama untuk mencari tahu kenapa aturan kesederhanaan ini digunakan

Mari kita kembali kepertanyaan "Mengapa logo itu harus sederhana?" Untuk Anda yang masih penasaran, berikut beberapa alasan utamanya.



Mudah Diingat

Ditengah kepungan lautan merek yang setiap hari tertangkap mata, maka mengingat salah satunya akan menjadi hal yang sangat sulit. Pada dasarnya, otak manusia menangkap suatu elemen visual dalam bentuk-bentuk dasar seperti lingkaran, segitiga, segi empat, dan sebagainya.

Kemudian berlanjut kepada menangkap tampilan-tampilan yang lebih detail dan rumit. Oleh karena itu, semakin sederhana bentuknya, maka akan semakin berpeluang sebuah logo membekas di benak audiens.

Efisien

Basa-basi (dalam bentuk apapun) selalu saja berhasil membuang-buang waktu, termasuk dalam desain logo. Berikan apa yang dibutuhkan audiens secara langsung, jangan buat mereka berfikir dan menerka-nerka. Logo yang sederhana akan sangat efisien menciptakan komunikasi langsung, jelas, dan tidak membuang-buang waktu.

Konsisten

Sebuah logo bisa saja dikatakan baik dengan melihat visualnya saja. Tapi untuk melihatnya berhasil dan bekerja efektif, perlu adanya penerapan secara konsisten dalam setiap media promosi yang digunakan. Hal ini akan sulit dilakukan jika logo terlalu rumit. Kesederhanaan bentuk akan membuat konsistensi logo terjaga, bahkan ketika diukir di atas aspal sekalipun.



Timeless

Sebuah logo yang sederhana tidak akan mudah termakan waktu dan perkembangan trend. Sederhana tidak berarti membuat jenuh. Malah sebaliknya, kesederhanaan akan memperkuat karakter dari sebuah merek. Kesederhanaan bersifat pasti, jelas, dan tanpa embel-embel yang membingungkan.

Itulah alasan-asalan mengapa sebuah logo harus dibuat secara sederhana. Logo adalah identitas, maka dari itu, buatlah dengan semaksimal mungkin agar bisa mempresentasikan brand dengan maksimal. Bukankah logo yang sederhana akan lebih mudah dikenali daripada logo yang rumit ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar