Senin, 20 Februari 2017

Karakteristik Desain Halaman Depan Website Yang Baik


Anda adalah seorang desain grafis sekarang, dan untuk menunjang profesi tersebut tentu Anda memiliki sebuah website sebagai portal berita dalam melayani service yang dimiliki. Secara visual dan cara kerja bisa dibilang website tersebut baik namun sang pengunjung ternyata berpikiran hal yang lain karena suatu faktor kesalahan, yaitu buruknya halaman depan.


Desain halaman depan website yang biasanya disebut “Beranda” / “Home” di suatu website bisa sangat menentukan penilaian pengunjung website. Ya, kalau ada pepatah “jangan lihat sesuatu dari sampulnya”, hal ini tidak berlaku di dunia desain website.

Desain website dengan halaman depan yang baik bukan berarti desain website yang penuh dengan efek yang mengagumkan, gerak sana-sini, dan lain sebagainya. Tetapi, haruslah didesain dengan simple dan mampu menunjukan citra baik khususnya bagi mereka yang pertama kali mengakses website Anda.

Beranda website layaknya pintu utama. Berikut ciri-ciri desain halaman depan website yang baik itu.


1. Memberikan Penjelasan Tentang Identitas Anda

Kalau Anda sudah memiliki brand yang besar seperti Coca-Cola, mungkin tidak perlu lagi menjelaskan hal-hal yang diatas karena semua orang sudah tahu. Tapi lain halnya dengan brand yang masuk kategori menengah ke bawah. Suatu kewajiban bagi seorang desainer web untuk mampu memberikan jawaban untuk poin-poin ini ketika website pertama kali dibuka oleh pengunjung.

Hal ini akan membantu sang pengunjung untuk langsung tahu bahwa mereka ada di website yang benar-benar mereka cari. Karena menurut studi, kalau mereka tidak bisa diberikan jawaban ini ketika pertama kali dibuka, maka sangat kecil kemungkinan ia akan betah berlama-lama menelusuri website Anda.

2. TO THE POINT

Halaman depan yang baik adalah halaman yang mampu fokus langsung ke tujuan dan tak berbelit-belit layaknya “bahasa korporat” yang menjemukan. Tugas untuk menjelaskan bahwa perusahaan Anda adalah professional menggunakan tampilan desain yang bagus saja sudah cukup. Tidak perlu banyak teks yang tak perlu. Jadi kalau halaman depan website Anda masih terlalu ‘ramai’, segera ganti dengan materi yang lebih singkat namun padat agar user tidak bingung dan risih melihat tampilan website yang jauh dari kata baik.

3. Selalu Berubah

Halaman depan tidak harus selalu statis. beberapa diantaranya seperti di website kepresidenan Amerika : whitehouse.gov, secara konstan terus berubah tergantung dengan kebutuhan, masalah dan pertanyaan terbaru. Tampilan yang berubah bukan berarti secara total secara layout, tapi kontennya yang dibuat lebih dinamis. Pastikan juga dalam mendesainnya hal ini menjadi pertimbangan agar tidak sulit mengubahnya di kemudian hari.

4. Memiliki Tombol Call To Action

Halaman depan yang baik sebaiknya menaruh tombol-tombol CTA yang artinya memaksa sang pengunjung untuk menekan tombol yang ada untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Tombol-tombol seperti “Free Trial”, “Uji Coba Demo”, “Beli Sekarang”, atau “Pelajari Lebih Lanjut” adalah contohnya. Ya, yang membuat website menjadi lebih baik adalah yang mampu mengajak menarik pengunjung untuk terus menggali lebih dalam. hal ini akan sangat membantu secara SEO juga. Tombol CTA juga berguna untuk menunjukkan jalan agar mereka tidak kesulitan menelusuri website. Yang paling penting adalah yang bisa mengubah mereka menjadi klien atau konsumen baru.


Itulah beberapa informasi terkait halaman depan website yang baik itu. Ingat, website juga harus ditambahkan logo khususnya yang dibuat jasa desain logo. Karena logo merupakan identitas yang bisa menarik banyak user saat diletakan di halaman depan website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar