Minggu, 26 Februari 2017

Apa Itu Wireframe Pada Sebuah Desain?


Sebuah webiste selalu menyimpan banyak rahasia dan keberagaman dimana semua itu menjadi satu kesatuan dalam menjalin kecanggihan agar website bisa dinikmati dan diakses kapanpun dan oleh siapapun. Satu hal yang akan selalu ada dalam website adalah Wireframe yang terdapat dalam desainnya.

Dalam dunia website, Mockup/Wireframe adalah rancangan awal sebuah desain web yang dibuat secara manual menggunakan photoshop, atau software pengedit gambar lainnya. Mockup merupakan gambar model atau prototif halaman web secara full dan detail.



Format mockup yang biasanya berbentuk file .PSD (Photoshop Document) ini sebenarnya selain menggunakan photoshop atau software pengedit gambar, Mockup juga dapat dibuat dengan software yang memang dikhususkan untuk membuat mockup seperti Mockingbird, Cacoo, Mockflow, dan sebagainya.

Namun, bisanya software-software seperti ini justru hanya memungkinkan pembuat untuk membuat mockup yang sederhana alias seadanya. Misalnya, hanya sebatas layout dan navigasinya saja, tanpa memasang beragam detail lainnya karena itu tidak akan tervisualisasikan dalam Wireframe sendiri.

Mockup ini memiliki fungsi yang bermacam-macam, dilansir situs penyedia jasa desain grafis, Mockup atau Wireframe berfungsi sebagai acuan kerja pembuatan website agar tidak menyimpang dari tujuan awal membuatnya. Biasanya, pembuatan website yang menggunakan mockup lebih efektif dan terstruktur karena pada saat pembuatan mockup itu sudah ditentukan kerangka pembuatan websitenya.


Mockup dikerjakan oleh seorang web designer yang nantinya akan diserahkan pada web programmer. Oleh web programmer, Mockup ini nantinya akan di ubah ke bentuk halaman web berformat .html. Pengubahan ini biasanya disebut “Slicing PSD to HTML“. Pengubahan ini dilakukan secara manual oleh programmer dengan mengetikkan kode-kode HTML dan CSS.

Jadi, apakah Wireframe Desain dalam website itu sangat penting kehadirannya? tentu saja, karena Wireframe menjadi salah satu faktor dalam menentukan apakah website yang dibuat bisa maksimal atau tidak nantinya terlebih dalam menjaring banyak user atau pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar