Senin, 20 Februari 2017

Inspiratif, Inilah Kumpulan Desain Website Pemerintah Terbaik di Dunia


Jika menyebutkan website yang mungkin ketinggalan jaman dan tidak terlalu eye chatching, maka website pemerintahan bisa menjadi satu diantaranya. Tidak percaya? silahkan lihat beberapa website pemerintahan di Indonesia, maka Anda akan melihat sebuah website yang kuno dan tidak terlalu berkembang di era modern saat ini.


Mengapa website-website pemerintahan tersebut demikian rupanya? Mungkin karena mayoritas website-website ini masih menggunakan tren desain website tahun 2000-an dimana jenis desain web 2.0 dengan efek emboss dan gradasi masih sangat terkenal dan mengagumkan. Mungkin pada jamannya website seperti ini sangat baik, tapi sekarang? Uhhh.. sudah sangat ketinggalan jaman dan buruk, bukan?

Beberapa website pemerintahan yang masuk dalam kategori ini diantaranya adalah website kementrian pemprov, pemkab, pemkot hingga institusi pemerintah. Mungkin bagi mereka desain website terlebih yang didesain oleh jasa desain company profile belum terlalu penting dan belum memahami pentingnya desain dalam website mereka.

Jujur saja, setiap pengunjung website pemerintah biasanya langsung ditampilkan berbagai menu, link, tombol, gambar hingga teks yang tampak semerawut dan penuh. Meskipun begitu, beberapa website pemerintahan ini sudah ada yang cukup modern namun menurut kami masih kekurangan unsur konsistensi di beberapa elemen yang ada pada website.

Masalahnya mungkin terletak pada petunjuk / style guide website. Untuk tampilan banner link saja, elemen ini banyak dibuat menggunakan stock image, penggunaan teks dan gambar pun tidak konsisten. Kemungkinan besar beberapa staff IT di instansi tersebut membuatnya asal berfungsi atau asal jadi.

Jika website pemerintahan di Indonesia masih semrawut, tidak halnya dengan website-website pemerindahan di beberapa negara lainnya. Kami membandingkan antara website pemerintahan tanah air dan luar negeri, dan hasilnya sangat berbeda jauh mulai dari isi hingga tampilan desain yang dipajangkan.

Secara umum, desain website pemerintahan negara seperti Amerika Serikat hingga Inggris dipenuhi dengan identitas negaranya yang didesain simple, namun tetap menunjukan keindahan yang sekilas membuat website ini jauh dari kata monoton, kaku dan biasa saja.

Nah, sebagai acuan serta inspirasi untuk Anda yang memang seorang web designer, berikut beberapa desain website pemerintahan terbaik menurut blog kami.

Federal Communication Commision – Amerika Serikat


Amsterdam – Belanda


The White House – Amerika Serikat


Government.ru – Rusia


Royal Navy – Inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar