Senin, 20 Februari 2017

Hemat Space Hosting Pada Website Anda Melalui Tips Ini


Bagi para pelaku bisnis online, ataupun jasa pembuatan company profile yang selalu berkutat dengan dunia virtual, memiliki website dengan menggunakan hosting terbilang lebih aman dan bebas dalam pengelolaannya meskipun membutuhkan dana tambahan untuk menyewa hosting website.


Sayangnya, kapasitas yang ada pada sebuah hosting terbatas untuk setiap websitenya. Dalam kondisi seperti inipun, Anda harus pandai-pandai memakai hosting secara efektif agar website bisnis Anda tetap berjalan dengan baik.

Untuk Anda yang sedang kebingungan karena kondisi diatas terjadi pada website Anda, cara-cara dibawah ini mungkin dapat membantu Anda dalam menghemat space hosting pada website. Check it out!

Menghapus Email atau File yang Tidak Terpakai

Biasanya, untuk meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan, maka setiap karyawan akan dibuatkan webmail. Padahal email serta file-file yang ada di dalamnya memiliki kapasitas yang cukup besar dalam menghabiskan space hosting pada websitemu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghapus email atau file yang sudah tidak terpakai lagi secara rutin atau minimal satu kali dalam seminggu agar meminimalisir space hosting pada website Anda.


Optimasi Database

Database pada sebuah website membutuhkan space hosting yang cukup besar. Untuk menghemat ketersediaan ruang yang ada, Anda dapat menghapus revision dan tabel plugin yang sudah tidak digunakan lagi. Selain itu, optimasi database yang Anda lakukan juga dapat meringankan loading website, jadi saat user memasuki website Anda, proses loading tidak akan berlangsung lama dan memakan waktu.

Hindari Penggunaan Plugin Translator

Jika website bisnis Anda menggunakan plugin translator, sebaiknya hanya untuk menggunakan bahasa yang diperlukan dan hapus lainnya. Hal itu disebabkan oleh cache translator membutuhkan space hosting lebih besar dari pada situs aslinya. Sebagai perumpamaan, coba bayangkan jika Anda memasang 5 bahasa dalam website yang dimiliki, maka itu sama dengan memasang 5 situs sekaligus. Pilih bahasa yang memang benar-benar dibutuhkan oleh pengunjung website bisnis Anda nantinya. Seperti Bahasa Inggris, Indonesia dan Mandarin saja, karena ketiga bahasa tersebut termasuk Universal.

Gunakan Tema Sederhana dan Minim Gambar

Terakhir, untuk menarik perhatian pengunjung website, biasanya pebisnis online menggunakan tema yang mengandalkan permainan warna serta gambar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Padahal, tema dan gambar juga memakan cukup banyak space hosting pada websitemu. Ada baiknya jika tema serta gambar-gambar yang sudah tidak dipakai dihapus sehingga pemakaian hosting dapat lebih ditekan.



Itulah beberapa tips yang mungkin bisa Anda gunakan untuk menghemat space hosting pada website bisnis Anda. Ingat, tips-tips diatas bisa sangat ampuh juga dalam membuat website semakin terlihat kredible dimata semua user Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar