Rabu, 22 Maret 2017

5 Font Ini Ternyata Milik Logo Terkenal


Terkadang, sulit sekali membedakan logo berbasis wordmark dari font yang membentuknya itu sendiri. Font bisa menjadi identitas pada logo, namun sejatinya, font sendiri merupakan elemen pendukung agar lebih memaksimalkan grafis supaya enak dipandang tanpa menghilangkan nilai estetika di dalamnya.



Beberapa perusahaan terkenal ternyata memiliki logo dengan font yang terbilang original meskipun dari sudut pandang ki8ta, font tersebut sangatlah umum dan banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa logo wordmark milik perusahaan terkenal di dunia, termasuk modifikasi dan memungkinkan di mana Anda bisa menngunduh font-nya.

Facebook

Logo Facebook, penguasa media sosial terkuat saat ini, dikomposisi dari sebuah font bernama Klavika. Namun, Facebook tak memasang bentuk asli dari font tersebut mentah-mentah. Beberapa modifikasi dilakukan di beberapa sisi, antara lain menyatukan garis di huruf 'k', garis di huruf 'f' dan 'a' yang hampir bersinggungan disejajarkan, juga huruf 'c' yang agak dilebarkan. Logo ini adalah hasil kerja Cuban Council yang berkolaborasi dengan Joe Kral dan Peter Markatos.



Google

Ruth Kedar membuat logo Google berdasarkan typeface bernama Catull, sedangkan font dari Google sendiri bernama Catull BQ. Hanya ada sedikit perbedaan antara logo Google dengan font bawaan Catull BQ, yaitu di garis bawah huruf 'e' yang menyambung secara sempurna - selain tiap huruf yang diwarnai berbeda-beda, tentunya.



Twitter

Logo lawas milik media berkicau yang tak kalah fenomenal ini ternyata dibuat dari font Pico, dengan memodifikasi huruf 't' dan 'e'. Saat ini, Twitter hanya memasang simbol burungnya sebagai logo, meskipun jarang memperlihatkan font pada logonya, namun dilansir situs Skystar Digital, logo diatas sudah menjadi satu kesatuan yang hingga saat ini tidak bisa dihilangkan dari Twitter sendiri.



Vimeo

Logo Vimeo terbuat dari sebuah font bernama Black Rose yang didesain oleh Bright Ideas. Secara umum, perubahan yang dilakukan pada logo Vimeo hanya pada kerapatan antar huruf yang tinggi, sehingga jarak dari huruf 'v' dan 'i' hilang. Selain itu, ruang kosong antara huruf 'm', 'e', dan 'o' juga berhasil dimanfaatkan sebaik mungkin agar tidak ada space yang kurang berfaedah.



Skype

Meskipun jenis font yang dipilih terlalu umum, yaitu Helvetica, logo milik Skype tidak terlihat murahan. Hal tersebut dikarenakan jarak antar huruf yang dimampatkan sehingga setiap hurufnya bersentuhan. Ditambah lagi dengan outline berbentuk bubble atau gelembung yang membuat logo ini unik.


1 komentar:

  1. This is a great post, I have been impressed by this content this site has to offer to keep up the great work Buy Instagram Views

    BalasHapus