Kamis, 16 Maret 2017

Sekilas Tentang Desain Engraving Yang Mengagumkan


Selalu saja ada teknik menakjubkan dalam desain grafis dan media kreatif lainnya, dan tanpa sadar kita sudah sering melihat karya tersebut hanya saja jarang menghargai proses dibaliknya, dimana pastinya membutuhkan ide kreatif dan pemikiran yang luas agar tercipta karya indah tersebut.

Salah satu teknik menakjubkan dalam desain grafis yang mungkin belum kita ketahui adalah Engraving. Apa itu Engraving? Jika Anda belum familiar dengan nama itu, coba Anda perhatikan gambar dibawah ini. Kenal? Ya, tentu saja, ini adalah uang lama Lima Puluh Ribu Rupiah dimana gambar dan desainnya dibuat dengan teknik Engraving.




Sebagai salah satu teknik dalam percetakan (printing) dan desain tertua di dunia, engraving atau gravir, menyimpan eksotikanya sendiri. Diperkirakan, teknik ini berkembang pesat di Jerman sekitar tahun 1430. Engraving bisa digolongkan sebagai keterampilan spesial, karena membutuhkan ketelitian tingkat tinggi untuk menghasilkan garis-garis yang padu dan detail.

Gravir dimaksudkan untuk mentata atau mendekorasi suatu benda keras dan rata, misalnya pada permukaan baja dan perak. Penerapan engraving dewasa ini pun semakin berkembang, sehingga bisa ditemui di banyak media, seperti kartu nama, undangan pernikahan, hingga uang.

Ya uang, seperti yang kita ketahui uang Indonesia salah satunya yang kami tampilkan diatas memakai teknik engraving, seperti di banyak negara lain. Selain menambah nilai estetika, kerumitan teknik ukiran halus ini juga dimaksudkan agar uang tidak mudah dipalsu.

Di Indonesia, tak banyak nama engraver uang (istilahnya delinavit) yang menggaung, tetapi ada nama yang tidak bisa kita kesampingkan begitu saja. Beliau adalah Bapak Mujirun. Seringkali, kita hanya menikmati karya beliau tanpa mengetahui siapa penginisiasi dan eksekutor di balik karya dengan detail yang menakjubkan ini.

Mulai bekerja di PERURI sejak tahun 1979, Pak Mujirun sudah membuat banyak sekali desain uang yang sering riwa-riwi di dompet kita, seperti pecahan Rp. 1.000 bergambar Kapitan Pattimura sampai desain 'Pak Harto Mesem' di uang Rp. 50.000.

Lebih lanjut tentang desain Engraver dan jika Anda sebagai seorang desainer atau penyedia jasa desain logo tertarik dengan teknik desain ini, Anda bisa memelajari karya Bill Sanderson dengan mengusung tema Engraver dibawah ini yang cukup terkenal di dunia maya. Berikut beberapa karyanya :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar