Senin, 13 Maret 2017

Colourful, Andai Saja Desain Plat Nomor Kendaraan Seperti Ini


Setiap hal di dunia ini sudah tersentuh seni dan desain grafis, bayangkan jika semua hal itu tidak ada, maka bisa dipastikan bahwa dunia ini tidaklah menarik untuk disimak. Contoh simplenya adalah plat nomer yang jika tidak ada seni di dalamnya, maka hanya akan berisikan nomer kaku yang ditempelkan pada kendaraan.

Desain plat nomor yang biasa Anda lihat sekarang memang kurang sedap dipandang. Meskipun masih (bisa dibilang) fungsional, karakternya terlalu kaku. 50 tahun lalu, mungkin desain plat nomor semacam itu masih bisa diterima, tapi masihkah orang-orang di masa kini berpikir yang sama?



Memang jika dilihat plat nomer itu sangatlah biasa, terlebih di Indonesia yang jauh dari kata seni dan keindahan dengan warna hitam atau kuning saja. Namun ternyata, di negara Amerika Serikat plat nomer memiliki estetikanya sendiri yang 'katanya' kini akan dikembangkan lebih menarik lagi untuk didesainnya.

Alkisah, ada 50 desainer yang memiliki keresahan serupa. Akhirnya, mereka pun menyatukan misi dan melakukan kolaborasi untuk mendesain plat nomor kendaraan untuk 50 provinsi berbeda di Amerika Serikat. Dan lahirlah, State Plate Project yaitu sebuah project yang sengaja dibuat untuk membuat plat nomer lebih atraktif, menarik dan tidak kaku lagi. Sayangnya, project ini hanyalah imajinasi yang masih jauh dari kenyataan. Meskipun begitu, sudah banyak pengendara khususnya desainer grafis tidak terkecuali yang bekutat dalam jasa penyedia desain company profile yang excited dengan hal ini.

Rencananya, desain plat nomor kendaraan inspiratif ini akan dikumpulkan menjadi buku. Tetapi, tentu para desainer ini juga bermimpi desain mereka diadopsi dan direalisasikan oleh Pemerintah setempat. Sekarang, mari kita lihat terlebih dahulu ide-ide kreatif dalam project ini yang diterapkan pada plat nomer. Meskipun hanya khayalan, tetapi ide kreatf ini patut lah kita apresiasi secara tinggi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar