Kamis, 16 Maret 2017

San Fancisco, Font Yang Di Khususkan Untuk Apple Watch


Berbicara tentang font memang tidak ada habisnya, terlebih deretan huruf ini memiliki struktur dan ciri khas tersendiri sehingga membedakannya dengan yang lainnya, meskipun masih dalam bentuk yang sama yaitu font.

Selama ini kita melihat beberapa font yang diaplikasikan dalam grafis atau media datar seperti kertas, tapi tahukah Anda jika ada font yang dikhususkan untuk media teknologi? Yap, ternyata font seperti tersebut ada dan mari kita sambut font terbaru Apple yang sudah dipersiapkan untuk teknologi Retina Display, yang bernama San Francisco.



Tujuan dibuatnya font ini yaitu demi membuat pengguna Apple Watch nyaman, dimana Apple melengkapi jam pintar ini dengan sebuah 'font' yang dibuat selama hampir 20 tahun. San Francisco sendiri termasuk font dengan genre Sans Serif yang telah didesain khusus agar mudah terbaca di layar Apple Watch yang memang tidak terlalu luas itu. Karakternya yang lebih luwes terlihat dari space yang longgar di setiap hurufnya. Terlihat pula, setiap huruf yang dikomposisi dari font ini tidak terlalu memakan banyak ruang secara horisontal. Karakter seperti huruf 'a' dan 'e', misalnya, menjadi sangat jelas meskipun hanya dilihat secara sekilas.


Tanda baca juga menjadi fokus utama Apple. Dengan font San Francisco, proporsi tanda baca menjadi lebih besar dan jelas, meskipun ukuran font diperkecil. San Francisco, yang juga dijuluki "Apple Sans" ini, diramalkan akan menghiasi edisi iPhone dan Mac mendatang.

Di awal-awal berdirinya Mac, Steve Jobs pernah berpesan pada para typeface designer Mac untuk menamai setiap font yang berhasil mereka ciptakan dengan nama-nama kota penting di dunia. New York, Geneva, dan Chicago adalah pendahulu sukses San Francisco. Sepertinya, Apple ingin kembali menghidupkan Steve Jobs dalam setiap produk dan inovasinya.

Bagi desainer grafis, pecinta gadget atau penyedia jasa desain company profile yang tertarik, Anda bisa memiliki design resource Apple Watch, alias WatchKit, yang berisi 23 variasi font untuk sistem Apple Watch, secara gratis dengan mengunduhnya di Apple Store.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar