Rabu, 22 Maret 2017

Pahami Cara Desainer Agar Terhindar Dari Stress


Sebagai desainer, mengerjakan banyak hal sekaligus adalah makanan sehari-hari, mulai dari mengurus kepentingan klien hingga kegiatan pixel-crafting itu sendiri. Seringkali, rutinitas tersebut membuat Anda lelah dan tak jarang, kelelahan yang melanda Anda tersebut malah menjadi pengganggu jalannya rutinitas Anda sendiri.



Alhasil, pikiran Anda mulai terbebani dan stres datang menghampiri. Kalau sudah begini, jangankan berpikir, menatap layar komputer pun malah akan membuat mood Anda berantakan dan tugas yang menumpuk pun tidak akan terselesaikan.

Ya, stress bukanlah masalah sepele karena bisa membunuh karir Anda. Namun, tidak usah khawatir karena kami memiliki beberapa tips yang memungkinkan Anda seorang desainer grafis terhindar dari stress berdasarkan jurnal terbitan David Allen, seorang pakar bisnis ternama yang dilansir situs desain grafis, Skystar Digital.

1. Capture

Dalam tahapan permulaan ini, Anda diharuskan mendata apa saja yang harus dan akan Anda lakukan. Ibaratnya, Anda sedang mengumpamakan diri sendiri sebagai 'keranjang', jadi lahap dulu saja semua hal yang menarik perhatian Anda. Tugas kecil atau besar, mendesak atau santai, untuk kepentingan personal atau tim kerja Anda, semuanya sama saja.

Just capture everything. Sebagai media pembantu, Anda bisa menggunakan buku catatan, perekam suara, aplikasi di smartphone, atau apapun, yang penting alur agenda Anda dapat tersimpan dengan baik dan mengalir lebih mulus.


2. Organize

Percuma saja kalau agenda sudah disusun sedemikian rupa tapi tidak ada kelanjutan eksekusi. Nah, saatnya Anda membubuhkan aksi atau jalan yang harus Anda tempuh untuk menyelesaikan tanggungan kegiatan yang sudah Anda susun tersebut. Tak lupa, lengkapi pula dengan informasi lainnya seperti jam atau tanggal berapa Anda seharusnya mengerjakan hal-hal tersebut.

3. Clarify

Setelah seluruh agenda lengkap, sekarang giliran Anda bertanya dan menjawab pertanyaan: Apakah kegiatan tersebut bisa Anda lakukan?

Dengan mempertanyakan hal tersebut, maka dengan sendirinya, agenda Anda akan lebih jelas dan tersusun dengan skala prioritas dan kategori yang apik. Mungkin beberapa hal bisa Anda kerjakan saat itu juga, sisanya bisa menunggu esok hari. Sebagian tugas barangkali bisa Anda selesaikan sendiri, sebagiannya lagi bisa didelegasikan ke rekan kerja Anda.

4. Reflect

Dalam alur kerja, refleksi dibutuhkan di dalamnya. Refleksi dalam hal ini berarti pengecekan secara reguler untuk meninjau apa yang harus diselesaikan sekaligus menambahkan kegiatan penting yang belum tercantum, sehingga ke depannya Anda akan semakin siap menjalani rutinitas. Refleksi dilakukan berdasarkan kebutuhan Anda (umumnya seminggu sekali). Mungkin dalam sebulan atau interval waktu tertentu, Anda bisa menilai diri sendiri apakah Anda sudah berproses menuju pribadi yang lebih efektif dan efisien atau belum.

Itulah cara simple menghindari stress dalam pekerjaan Anda sebagai seorang desainer grafis. Ingat, yang perlu Anda lakukan adalah mengerjakannya secara sungguh-sungguh dan sepercaya diri mungkin. Segeralah bangun dari tempat duduk atau tidur Anda, lalu beraktivitas dalam trek yang sudah Anda atur sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar