Selasa, 07 Maret 2017

Agar Sempurna, Inilah 5 Tips Dalam Mendesain Logo


Peranan logo dalam setiap perusahaan pastinya sangat penting, bukan hanya sebagai pembeda antara satu perusahaan dengan yang lainnya, tetapi logo juga berperan sebagai identitas agar semua orang tahu siapa dan apa brand Anda sebenarnya saat hadir ditengah masyarakat.

Armin Vit, seorang desain grafis asal Texas yang telah membuat ribuan brand baru dan projek indentitas tiap tahunnya dibawah naungan Brand New, pada divisi desain perusahaan dan publishing enterprise Under Consideration mengungkapkan beberapa hal penting dalam mendesain logo.



Mantan desainer pentagram yang telah menerima ratusan hingga ribuan projek branding yang berskala besar ini menuturkan beberapa tips penting agar setiap logo bisa tampil sempurna. Dilansir situs jasa desain logo, berikut tips mendesain logo agar sempurna menurut Armin Vit.


01. Lakukan Tes Reaksi yang Mendalam

Hal pertama yang aku lihat ketika harus mengevaluasi sebuah logo baru atau projek branding adalah inisialnya, keindahannya dan reaksi yang mendalam terhadap logo tersebut: apakah aku suka ini?

Jika aku tidak menyukainya atau jika logo tersebut tidak menjelaskan banyak hal  untuk membuat hal tersebut seakan nyata, maka aku tidak akan bisa menikmatinya. Tetapi dari sisi lihat-lalu-pergi (lihat sepintas) hal tersebut terlihat bagus, pintar dan dibuat dengan baik, maka paling tidak aku akan tertarik.

02. Apakah Hal itu Dapat Bekerja?

Kemudian aku melihat bagaimana eksekusinya, dan bagaimana hal itu dapat bekerja, bagaimana hal itu dapat bekerja dalam konteks yang berbeda. Aku membandingkannya dengan tujuan untuk mengetahui apa yang mereka dapat sebelumnya dan apa yang dimiliki olah perusahaan lain di industri yang sama. Apakah hal ini cukup unggul di kelasnya? Apakah hal ini dapat diterima diluar?
Aku melihat logo Air BnB yang sangat menarik. Mereka kuat dan tangguh dalam proses nya dan juga para designernya.

03. Logo yang Masuk Akal

Selanjutnya, aku melihat di setiap bagian yang dapat menjelaskan pada para klien ataupun desainer. Jika idenya bagus, maka kamu dapat mengerti apa yang telah mereka berikan dan berpikir, okey, ini masuk akal. Ketika logo tersebut bagus, semuanya akan terlihat jelas dan terlihat solid, sederhana tetapi dapat di menjelaskan maksud dari logo tersebut.

04. Apa yang Menjadi Perangkap paling Umum yang Dapat Aku Lihat dari Identitas Lawan?

Kadang-kadang dalam sebuah proyek yang tidak menonjol, baik seorang desainer atau klien tidak memiliki keberanian untuk melakukan sesuatu yang sangat berbeda / perubahan besar didalamnya atau mereka akan memilih untuk melakukan sesuatu yang mirip. Logo Google baru-baru ini benar-benar fantastis. Tidak begitu banyak tanda kata, tetapi ketika Anda melihat seluruh sistem di belakangnya dan perubahan yang masuk ke dalamnya.

Ini adalah perusahaan raksasa yang berani mengambil lompatan besar, dengan arah yang sama sekali berbeda tapi entah bagaimana mereka mengelolanya dengan mempertahankan jati diri unik mereka.


Bagaimana, apakah Anda sudah paham tentang bagaimana mendesain sebuah logo agar tampak lebih sempurna? Tips-tips diatas merupakan tips yang disampaikan langsung oleh Armin Vit, dan sebagai orang yang berperan dalam bidang grafis, Armin selalu memiliki motivasi dan kerja keras yang mungkin bisa menjadi panutan dan inspirasi untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar