Minggu, 05 Maret 2017

Mengupas Fakta Universal Terkait Penggunaan Desain Grafis


Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, desain grafis merupakan satu bidang yang sudah populer dan digemari saat ini. Bukan hanya untuk passion dan hobi semata, namun kini desain grafis sudah menjadi profesi menjanjikan dengan kenyamanan dan hal-hal yang menyenangkan saat profesi ini dijalani.

Ada banyak hal menarik yang ada dalam dunia desain grafis yang ada saat ini, beberapa hal menarik berupa fakta ini diantaranya adalah fakta-fakta dibalik penggunaan desain grafis oleh semua orang bukan hanya untuk media komersil saja tetapi juga untuk bagian dari sebuah branding.



Terdapat begitu banyak fakta menarik tentang penggunaan desain grafis dan kami sudah merangkumnya menjadi beberapa hal yang mungkin perlu Anda ketahui. Berikut ulasannya!

1. Bagi Anda para pecinta otomotif pasti mengenal Michelin. Sebagai brand yang memproduksi ban mobil penumpang & truk ringan, Michelin memiliki mangsa pasar yang sangat umum. Michelin sendiri identik dengan grafis dimana brand ini memiliki karakter yaitu maskot warna putih dengan lipatan-lipatan menyerupai ban pada badannya. Tahukah Anda jika karakter Michelin mempunyai nama, Monsieur Bibendum.



2. Claude Garamond dikenal sebagai perancang tipografi paling banyak digunakan dalam sejarah hingga saat ini. Beberapa diantaranya bahkan masih sering kita lihat dan gunakan hingga saat ini. Claude Garamond sendiri meninggal dalam kemiskinan diusianya yang menyentuh angka 81 tahun.



3. Siapa yang tidak mengenal Nike, brand sport ternama yang sudah dikenal banyak orang ini tentu saja identik dengan desain grafis karena memiliki logo yang unik dimana logo swosh Nike ini dibuat oleh Carolyn Davidson, mahasiswa Portland State University pada tahun 1971 dimana dia hanya dibayar $35.



4. Kita semua pasti mengenal Woody Allen, sutradara kenamaan Hollywood ini ternyata sering memakai jenis huruf yang sama yaitu Windsor, dalam judul dan kredit dari hampir semua film-filmnya. Hal ini cukup menarik karena tidak semua sutradara selalu konsisten dalam karyanya khususnya pada kredit title untuk mengakhiri filmnya.



5. Georgia, font rancangan Matthew Carter, diberi nama setelah ada headline sebuah tabloid yang berbunyi “Alien Heads Found in Georgia”. Untuk mengenang sejarah dari negara bagian Georgia di Amerika Serikat ini, maka dari itu Matthew Carter memberikan nama fong ini sesuai dengan tajuk berita yang ada di tabloid.



6. Selain Disney, Dreamworks adalah salah satu studio animasi besar di Amerika. Tahukah Anda jika ternyata anak laki-laki berbentuk siluet dalam desain logo Hollywood studio Dreamworks SKG adalah William, putra Robert Hunt (ilustrator yang disewa untuk desain).



7. Logo Sony Vaio ternyata memiliki arti tersembunyi dibalik hurufnya yang simple namun mencirikan identitas dari waralaba elektronik ini. Dua huruf pertama membentuk sinyal analog. Dua huruf terakhir, tampak seperti 1 dan 0, mewakili sinyal digital. Wow!



Itulah beberapa informasi penting tentang fakta dalam penggunaan desain grafis yang ada saat ini. Beberaa diantaranya bukan hanya grafis biasa, namun ternyata memiliki arti dan sejarah yang tidak semua orang mengetahuinya. So, jika Anda adalah seorang desainer grafis atau yang bergelut dibidang jasa desain logo, informasi diatas bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda.

1 komentar: