Senin, 13 Maret 2017

Susah Mendapatkan Klien? Yuk Ikuti 8 Cara Ini


Menemukan seorang klien itu merupakan hal utama dalam bisnis. Khusus bagi Anda yang bergerak dalam bisnis desain grafis maupun penyedia jasa desain logo, mendapatkan klien adalah kewajiban agar senantiasa bisnis yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lancar dan memiliki umur yang panjang.



Tidak cukup susah mendapatkan klien, namun juga tidak terlalu gampang, karena dibutuhkan kerja keras serta kembali lagi kepada kinerja Anda, apakah sudah mampu atau belum menghandle klien besar yang memerlukan jasa Anda secara maksimal. Ini kembali lagi kepada portofolio Anda, dan sejauh mana pengalaman Anda dalam mengelola klien dan bisnis itu sendiri.

Anda kesulitan mendapatkan klien untuk bisnis yang sedang di jalankan? mungkin 8 cara berikut ini bisa membantu Anda dinilai dari presentase yang paling sering digunakan hingga yang jarang digunakan.


32% - Tradisional dari Mulut ke Mulut

Melakukan pekerjaan yang baik, dan bisa membuat klien anda bahagia, maka besar kemungkinan dia akan ingin memberitahu teman-teman mereka tentang pelayanan anda. Walaupun trik ini sudah sangat lama namun, trik ini masih menjadi salah satu yang terbaik agar semua orang bisa tahu kinerja Anda dalam bisnis desain grafis.

26% - Testimonial Klien

Klien yang senang adalah penggemar terbaik anda, maka dari itu anda harus meminta mereka untuk memberikan testimoni tentang seberapa baik Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk memperluas jaringan pribadi Anda dimana nantinya testimonial ini bisa menjadi portofolio tambahan untuk memancing klien lain dalam menggunakan jasa Anda.

14% - Tawarkan Bantuan Desain Secara Gratis

Menawarkan layanan gratis dapat membantu anda bergerak maju. Strategi ini bisa dibilang tidak memiliki resiko namun termasuk cara yang licik untuk mengambil keuntungan. Alangkah baiknya juga jika cara ini tidak selalu dilakukan untuk memancing klien karena pada dasarnya desain grafis bukanlah desain gratis yang tidak ada harganya.

10% - Menulis blog

Blogging dapat menyampaikan semangat untuk subjek Anda dan pekerjaan Anda. Jadi, teruslah menulis dan terus lakukan agar semua orang tahu seberapa passionnya Anda dalam bisnis yang dikerjakan agar klien tidak setengah dalam menilai bisnis dan siapa Anda sebenarnya.

7% - SEO

Jika orang tidak dapat menemukan Anda, bagaimana mereka akan mempekerjakan Anda ? Melakukan beberapa pencarian dasar pada mesin pencari di Google dapat memberikan keajaiban untuk visibilitas bisnis Anda.

7% - Menulis untuk Publikasi di Media

Publikasi membantu segmen status Anda sebagai ahli (dan kadang-kadang anda bisa mendapatkan beberapa rupiah juga). Jadi, jangan terlalu cepat untuk mengabaikan media cetak, karena ini termasuk sebagai cara terbaik untuk meningkatkan profil Anda dan basis klien.

4% - Menulis ebook

Menulis ebook dapat menunjukkan kepada dunia bahwa Anda adalah professional dalam bidang subjek yang Anda kuasai. Dan, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih, maka anda bisa memberikan ebook itu secara gratis.

1% - Buat Kursus Online

Berbagi keterampilan adalah cara yang bagus untuk membesarkan nama Anda di luar sana. Anda bisa menulis beberapa tutorial HTML atau Jquery atau apapun yang anda kuasai, atau membuat beberapa video tutorial, walaupun hanya mendapatkan persentasi paling sedikit namun bukan berarti cara ini tidak efektif.


Bagaimana, ternyata banyak bukan cara untuk mendapatkan klien yang bisa di sesuaikan dengan bisnis Anda. Teruslah promosikan diri Anda di berbagai media agar klien bisa datang kapan saja. Jangan lupa juga, tingkatkan terus performa Anda sehingga klien bisa menilai kemampuan Anda secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar