Minggu, 05 Maret 2017

Tokoh-Tokoh Desain Grafis dan Karyanya Yang Melegenda


Percaya atau tidak, desain grafis bukanlah media dan profesi yang baru, karena sudah sejak lama desain grafis turut memeriahkan budaya di berbagai negara dengan nilai artistik yang masuk kedalam kategori luar biasa pada abadnya. Mulai dari daratan Eropa, Amerika hingga Asia, desain grafis sudah menyentuh banyak sekali bidang tidak hanya seni lukis semata.



Sejak sekian lama, desain grafis berada dalam era keemasan dengan karya-karya luar biasa yang dibuat oleh tokoh-tokoh luar biasa pula. Ya, sejak lama, desain grafis memang memiliki tooh penting dibalik pembuatannya dan tokoh-tokoh ini memiliki kontribusinya tersendiri.

Anda mungkin bertanya-tanya, siapa saja sih tokoh desain grafis legendaris yang karyanya begitu luar biasa? berikut ulasannya.

1. Hermann Zapf (1918-)

Memiliki kepekaan yang tinggi dalam profesinya sebagai tipografer, desainer dan art director. Mengadopsi pendekatan Tradisional dan dikombinasikan dengan teknologi baru. Dia adalah orang yang merancang huruf Palatino, Melior, Optima, dan berbagai tipe huruf lainnya.
Pada era modern, dilansir situs penyedia jasa desain company profile, Zapf mengolah huruf ini lagi untuk dipakai pada masa itu, sebagai kontinuitas dari tipografi tradisi. Karya-karya Zapt tersebar di perusahaan-perusahaan dan institusi di Jerman, Inggris, dan Amerika; seperti beberapa contoh lambang yang dibuatnya yang umumnya dibuat dengan gambar tangan.



2. Max Bill, (1908-94)

Dia adalah desainer grafis kelahiran Swiss. Beberapa bulan setelah Perang Dunia II berakhir merupakan masa kritis dari ekonomi dan politik internasional. Misalnya, Museum Seni dan Kraft tangan di Zurich menggelar pameran arsitektur modern Amerika “USA Baut” (USA Build), yang diorganisir oleh penulis arsitek Amerika Siegfried Giedion.

Dengan menggunakan nuansa bendera Amerika, Bill merancang sebuah rancangan dinamis dan menonjol dengan sebuah tata letak geometris yang diagonal, dimana di dalam elemen-elemennya dimasukkan foto-foto arsitektur. Belajar di Bauhaus, sebagai pelopor tipografi Swiss sejak tahun 1930-an. Meyakini adanya ekspresi bentuk dengan arti minimal. Tokoh ini sangat berpengaruh di Ulm Hochscule Fur Gestaltung (1951-1956).



3. Paul Rand (1914-1996)

Paul Rand adalah salah seorang master dari desain grafis modern di Amerika. Generasi kedua dalam aliran modern yang menjelaskan seni modern untuk corporate identity, logo, dan merek dagang (trademark). Paul Rand terkenal sebagai desainer grafis yang karya-karyanya memiliki keindahan lirik (lyrical beauty).



4. Herbert Matter (1907-1984)

Desainer dan fotografer ini kelahiran Swiss. Menggunakan ide-ide seni murni pada seni grafis. Gagasan-gagasannya penting dalam modernisme yang lunak. Merancang poster travel selebritis untuk Departemen Turisme Swiss. Pindah ke Amerika tahun 1936 dan menjadi konsultan desain grafis untuk industri Furnitur Knoll.


5. Saul Bass (1920-1996)

Saul Bass adalah mahasiswa desain grafis di New York. Pindah ke Los Angeles tahun 1950 dan mendirikan Saul Bass Associates. Bekerja dengan Otto Preminger dan Alfred Hichcok untuk sekuensi judul film. Gambar di bawah ini adalah salah satu karyanya, yaitu poster Bas pertama yang dibuat dengan kertas. Poster ini adalah mix antara berbagai shoting para bintang film, dengan menempatkan imaji sebuah lengan (arm) di tengah komposisi. Hal ini sesuai dengan judul poster film ”Pria dengan Lengan Emas” (The Men with Golden The Arms), yang memancarkan ekspresi yang kuat.



Bagaimana, ternyata begitu banyak bukan tokoh-tokoh penting dalam dunia desain grafis. Tidak hanya kontribusinya, akan tetapi tokoh-tokoh ini juga selalu konsisten menghasilkan karya yang luar biasa pada eranya. Semoga menginspirasi!

2 komentar:

  1. coba kalau karya2 nya di perlihatkan gambarnya juga pasti tambah lengkap

    BalasHapus
  2. Asal negara tokohnya kurang lengkap. Dan hasil karyaya juga kurang lengkap

    BalasHapus