Minggu, 19 Maret 2017

Bosan Menjadi Seorang Desainer? Ini Jalan Keluarnya


Mungkin saat membaca artikel ini Anda sedang bosan dengan kehidupan dan rutinitas menjadi seorang desainer, meskipun posisi ini sekarang sedang banyak digemari, namun tidak menutup kemungkinan bahwa adakalanya Anda merasa profesi sebagai desainer grafis mulai membosankan dan membutuhkan resolusi baru untuk karir yang lebih menyenangkan.



One question, Kenapa kita bisa bosan?

Sebenarnya, mengalami kebosanan itu wajar sebagai manusia, tetapi kebosanan yang melanda pekerja kreatif, seperti desainer, sebenarnya disebabkan oleh beragam alasan, seperti jenjang karir yang mengecewakan, ragu dengan karya ciptaannya sendiri, lingkungan kerja yang kurang kondusif, atau hanya merasa depresi karena melakukan kegiatan yang selalu sama saja.

Dalam kondisi ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan semangat sebagai desainer yang berapi-api seperti sebelumnya. Bagaimana caranya? ini dia jawabannya.


1. Temukan Inspirasi Baru

Sebab kebosanan saat mendesain bisa berawal dari mana saja, misalnya karena mentoknya inspirasi. Untuk kembali mendapatkan inspirasi baru, cobalah untuk mengamati desain dan seni yang berbeda dari yang sudah Anda geluti selama ini. Fotografi, advertising, desain produk, fashion, dan sebagainya bisa menjadi teman sempurna bagi Anda untuk menemukan inspirasi baru. Ingat, inspirasi tidak akan datang sendiri. Anda yang harus menemukannya.

2. Bersyukur

Cara ini paling ampuh dalam mengembalikan antusiasme Anda dan mensyukuri apapun yang dimiliki saat ini. Coba pikir dan bayangkan berapa banyak orang di luar sana yang menginginkan hidup seperti Anda, namun belum kesampaian. Melihat ke bawah sesekali seperti ini sangat membantu memotivasi Anda, karena kegiatan ini bisa membantu Anda memperoleh pandangan tentang apa yang sudah Anda raih sekarang.

3. Liburan

Saat sedang kurang bergairah mendesain, mengambil jatah libur adalah ide yang solutif. Ketika Anda terbiasa mendesain setelah sarapan hingga pukul 5 sore, kemudian berselancar di situs kesayangan Anda untuk mencari inspirasi desain hingga larut, lalu mengulang aktivitas yang sama di pagi harinya, Anda akan semakin terjerat oleh kejenuhan.

Keluarlah untuk berlibur, entah itu sendirian atau bersama orang-orang tercinta. Tidak diragukan juga, jika liburan bisa meningkatkan tombol kreativitas dalam otak Anda, dan saat sudah liburan, otak pun akan kembali fresh dengan segudang inspirasi yang di dapatkan.

4. Tantang Diri Sendiri

Dalam situs skystar digital, menyebutkan bahwa ketika Anda menantang diri sendiri untuk menyelesaikan sesuatu yang belum pernah Anda rasakan proses dan kepuasannya sebelumnya, api semangat untuk terus berkarya dalam diri bisa berkobar kembali. Alhasil, peluang menemui klien atau proyek baru akan terbuka lebar.

Tidak cuma untuk menghilangkan rasa bosan, menantang diri sendiri bisa Anda lakukan saat ingin menambah kemampuan dan pengetahuan yang baru. Anda juga bisa menjajal peruntungan di cabang baru dalam desain yang belum pernah Anda keluti, kalau karir yang Anda miliki saat ini kurang memuaskan.

5. Berhenti Menunda

Mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan pada dasarnya juga dialami oleh kebanyakan orang, namun saat desainer sudah terbiasa menunda, dampaknya bisa luar biasa. Saat menunda, ancaman pekerjaan terbengakalai siap menerkam Anda kapan saja. Hal tersebut tak hanya merugikan Anda seorang, klien, rekan kerja, keluarga, dan orang-orang yang berhubungan dengan Anda pun akan terkena dampaknya.

Selesaikan pekerjaan Anda lebih awal dan berikan hadiah untuk diri Anda sendiri karena sudah terbebas dari tanggung jawab meskipun deadline belum datang menghampiri. Ingat, bekerja mendekati deadline tidak selalu menyenangkan, karena bisa menggiring Anda ke jurang frustasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar