Senin, 13 Maret 2017

Bagaimanakah Jika Tipografi Menjadi Barang Tiga Dimensi?


Kita semua pastinya mengenal tipografi dengan baik, terlebih saat ini, media desain grafis ini banyak bertebaran dalam berbagai media cetak baik promosi maupun online. Tipografi, seni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.



Dikenal pula sebagai seni rupa huruf (type design), yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni rupa huruf, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

Tipografi, pada dasarnya, adalah bangun dua dimensi. Tapi, berterima kasihlah pada para mahasiswa University of Applied Science di Dusseldorf, Jerman, karena berkat mereka Anda akhirnya bisa menjadi saksi 'hidupnya' alfabet. But, how?

Ya, inisiasi mereka untuk membuat barang tiga dimensi dari tipografi yang unik dan fungsional ini patut diapresiasi. Pasalnya, mereka berani dan bisa mengombinasikan sisi artistik dari sebuah benda sekaligus mewakili identitas lewat huruf. Contohnya, huruf 'P' yang menjadi akronim dari paper untuk toilet paper dan 'T' untuk table.

Tentu ini menjadi revolusi dan gebrakan yang sangat menarik karena sangat sedikit seniman yang bisa membuatnya, terlebih tipografi bagi beberapa desainer grafis dan penyedia jasa pembuatan company profile identik dengan desaik dua dimensi yang tidak bisa hidup, hanya coretan-coretan semata pada selembaran atau media datar.

Tentu saja selain keindahan, pelajaran yang bisa kita ambik dari inovasi ini adalah bahwa sebuah zat bisa menjadi apa saja dan memberikan banyak fungsi; perspektif lah yang perlu kita mainkan di sini. Kreativitas memang tak terbatas, oleh sebab itu mulailah menuangkannya sekarang juga selagi bisa.

Anda pasti penasaran seperti apa sih bentuk dari Tipografi yang diaplikasikan pada media 3 dimensi ini? Silakan Anda lihat beberapa contoh objek tersebut dibawah ini.

Kursi dari huruf 'h' dan 'k'


Gantungan baju dari huruf 'J' 


Huruf 'P' untuk wadah tisu toilet 


'Q' untuk 'clock' atau 'qlock'?


'T' untuk 'table'


Butuh organizer? Ada huruf 'W'!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar