Senin, 13 Maret 2017

5 Kisah Di Balik Poster Dan Foto Paling Ikonik


Setiap hal yang ada di dunia ini selalu memiliki sejarahnya sendiri, tak terkecuali karya seni seperti poster dan foto. Mungkin terdengar klise dan sedikit aneh, tetapi percaya atau tidak banyak foto dan poster yang sudah populer saat ini memiliki cerita sendiri dibalik pembuatannya.



Dari fakta inilah, foto-foto tersebut menjadi sesuatu yang fenomenal dan bisa dikatakan sebagai karya seni karena terdapat cerita yang unik di baliknya sehingga dikenang lintas generasi. Dibawah ini, kita akan membahas beberapa karya seni berupa poster dan foto berikut bisa dibilang sensasional. Check it out!

1. Keep Calm and Carry On

Kita semua pasti mengenal dengan foto ini, Logo yang dikomposisi dari font sans-serif dan sebuah mahkota ini dimaksudkan sebagai sebuah kekuatan rakyatnya dengan menyebarkan poster yang menyuarakan semangat perjuangan. Poster "Keep Calm and Carry On" ini sudah mengena akan sebuah semangat. Sayangnya, dilansir situs jasa pembuatan company profile tidak ada catatan sejarah sejauh ini yang membuktikan siapa penemu tagline fenomenal yang parodinya sering kita temukan di internet tersebut.



2. Foto Albert Einstein Sedang Menjulurkan Lidah

Banyak yang mengira foto ini adalah rekayasa software belaka. Sayangnya mereka salah. Lelaki di foto tersebut memang si jenius, Albert Einstein. 14 Maret 1951, setelah Einstein menghadiri sebuah acara penghormatan ulang tahunnya yang ke-72, ia langsung menjadi sasaran empuk rombongan pemburu berita dan fotografer.

Dari dalam mobilnya, ia terlihat lelah. Rayuan para fotografer yang meminta penemu Teori Relativitas itu untuk tersenyum sedikit saja tidak membuatnya luluh. Konon, ia malah sempat berteriak, "thats enough, thats enough!", tetapi para fotografer juga tidak lantas mundur. Entah kesal atau apa, akhirnya Einstein seakan-akan mencoba mengejek dengan menjulurkan lidahnya, beruntung Arthur Sasse berhasil mengabadikan momen langka ini.



3. I Want You

Karya milik James Montgomery Flagg ini dipercaya sebagai poster paling terkenal di dunia. Pertama kali dikenalkan pada publik menjelang dimulainya gong Perang Dunia Pertama di antara tahun 1917-1918, poster bergambar Uncle Sam (Paman Sam) ini berhasil menarik banyak laki-laki untuk bergabung dengan militer.

Flagg membuat 46 poster untuk mendukung Pemerintah Amerika meraih kemenangan di Perang Dunia Pertama dan poster ini lah salah satu karyanya. Berkat daya magisnya, poster ini kembali dipopulerkan di Perang Dunia Kedua.



4. Rosie the Riveter

Poster yang kental akan nuansa feminis ini dibuat oleh J. Howard Miller, seniman asal Amerika. Ia mulai membuat poster berseri untuk mengampanyekan Perang Dunia pada 1941 di Negeri Paman Sam, termasuk poster Rosie the Riveter yang terkenal ini. Inspirasi poster ini berasal dari Geraldine Doyle saat ia bekerja sebagai buruh di pabrik tersebut di berusia 17 tahun. Poster ini mengajak perempuan pada zaman itu untuk bekerja membuat alat-alat perang menggantikan pegawai laki-laki yang ditarik ke militer untuk berperang.



5. Ciuman Kemenangan di Times Square

Mengekspresikan kebahagiaan bisa dalam berbagai bentuk. Sesaat setelah pengumuman resmi bahwa pertempuran antara Jepang dan Amerika Serikat telah usai pada 14 Agustus 1945, warga Amerika di Times Square pun menyambut dengan bahagia. Seorang fotografer, bernama Alfred Eisenstaedt, tentu tak ingin ketinggalan momen emas ini. Ia pun mengarahkan kameranya ke banyak sudut di sana.

Ternyata usahanya tak sia-sia, ia berhasil menangkap basah seorang marinir yang sedang mencium seorang suster dengan mesra. Eisenstaedt tidak sempat mendapatkan identitas mereka, apalagi wajah mereka pun tertutup dan sangat sulit dikenali. Banyak orang yang mengklaim bahwa mereka adalah orang di foto tersebut, namun, lagi-lagi, sejarah belum bisa membuktikan dengan sahih. Konon, sang suster bernama Edith Shain dan penciumnya bernama Glenn McDuffie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar