Rabu, 01 Maret 2017

Mengupas Makna Di Balik Logo Baru Facebook


Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Pada September 2012 , Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.

Selain situsnya yang memang mudah digunakan, Facebook banyak digunakan karena dengan media sosial inilah semua orang bisa terhubung dalam menjalin komunikasi virtual yang menyenangkan. Yang identik dari Facebook juga adalah logonya yang simple dan mudah dikenali, sudah sejak lama Facebook menggunakan logo ini sebagai identitas utama dari perusahaannya.



Berbicara tentang logo Facebook, dilansir situs jasa desain company profile, tahukah Anda jika tanpa gembar gembor, Facebook sudah mengganti logo lamanya menjadi logo yang baru dimana logo ini didesain lebih ramping. Secara kasat mata, perubahannya memang tidak terlalu signifikan, tapi yang paling ketara adalah perubahan huruf 'a' nya.


Perubahan logo ini diumumkan oleh Product Designer Facebook, Christophe Tauziet, melalui akun Twitter. Ia mem-posting foto logo Facebook dengan latar belakang biru. Seperti yang sudah dibahas diatas, jika dilihat sekilas, mungkin tidak ada yang menyadari perubahan ini karena Facebook tidak membuat perubahan besar.

Creative Director Facebook, Josh Higgins, mengatakan bahwa perubahan tersebut bertujuan membuat logo Facebook terlihat lebih modern dan lebih ramah.

"Kami bekerjasama dengan Eric Olsen (desainer huruf Klavika) dan mengembangkan sebuah jenis huruf untuk merefleksikan dimana kita sekarang dan tujuan kita," jelas Higgins, seperti dilansir Business Insider.

Ada makna yang terurai dalam perubahan logo ini dimaa logo baru facebook ini akan lebih muidah dibaca dalam ukuran layar yang kecil, misalnya feature phone dan smartphone. Hal ini menunjukan pergeseran fokus Facebook dari desktop ke mobile, seperti halnya tren yang sedang terjadi akhir-akhir ini. Sebelumnya, Facebook juga telah meluncurkan aplikasi Facebook Lite, versi lebih ringan dari aplikasi standar Facebook untuk pengguna Smartphone Android.

Laporan keuangan Facebook menunjukan bahwa 85% dari 1,44 miliar pengguna bulanan Facebook melakukan login dari perangkan Mobile. Maka tidak heran jika perubahan pada logo ini untuk lebih mendekatkan Facebook pada pengguna yang setiap hari aktif dan login melalui smartphonenya. Good choice! Bagaiamana menurut Anda perubahan logo pada Facebook ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar