Kamis, 30 Maret 2017

Ikuti Cara Ini Agar Desainer Grafis Bertambah Pemasukannya


Sebagai pekerja kreatif, seorang desainer grafis harus menerapkan pemikiran kreatifnya dalam segala hal, termasuk mencari pemasukan tambahan karena ada kalanya penghasilan sebagai desainer grafis tidak sesuai ekspektasi dan Anda harus memutar otak untuk mengatasinya.



Seperti manusia pada umumnya, desainer grafis juga berhadapan dengan persoalan keuangan. Jika Anda menghadapi masalah tersebut, tidak usah khawatir. Saat ini desainer grafis punya banyak alternatif sumber pemasukan, selain dari hasil kerjasama dengan klien.

1. Menjual Desain Tak Terpakai

Beberapa ide Anda yang tidak terbeli oleh klien bukanlah sampah. Daripada membiarkannya menumpuk di harddisk, jual saja file tersebut ke desainer lain yang membutuhkannya. Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menjual karya Anda secara online adalah memastikan file-file tersebut tidak jadi digunakan oleh klien Anda yang lalu.


2. Mengajar

Dalam dunia desain, jika Anda memiliki kemampuan dan pengalaman, Anda tidak perlu menjadi profesor untuk bisa mengajar. Seringkali ketika mengajar, desainer grafis cenderung ‘mewariskan’ teknik yang biasa ia pakai dan belum diketahui orang banyak. Mulailah dengan menjadi guru dari orang-orang terdekat Anda yang tertarik berkecimpung dalam dunia desain.

3. Menjadi Konsultan

Syarat sebagai konsultan adalah memiliki pengalaman. Apabila Anda merasa sudah cukup kenyang makan garam, mengapa tidak mencoba menjadi pembimbing bagi perusahaan dalam mendesain?
Pengalaman dan ilmu lain Anda di bidang iklan atau menulis tentu akan sangat menunjang pribadi Anda sebagai konsultan profesional.

4. Menulis di Blog

Tak ada salahnya menjalani hidup lain sebagai seorang blogger. Memang, berkutat di blog akan banyak menghabiskan waktu dan tenaga Anda, tetapi apa yang bisa Anda dapat dari sana pasti setimpal. Blog bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun, jadi, manfaatkan blog untuk memberikan saran, tips, tutorial terutama di bidang desain dan bisnis. Anda juga bisa mulai membagikan ‘harta benda’ Anda secara gratis di blog, seperti template, font, atau grafis lainnya. Karena tidak ada orang yang benci barang gratisan, langkah ini sangat efektif untuk meningkatkan arus kunjungan menuju blog Anda.

Sebenarnya, masih banyak jalan lain bagi desainer untuk menambah pemasukannya selain dari beberapa cara di atas seperti dengan membuat akun LinkdIn untuk keperluan bisnis atau membuat bisnis berkembang kemudian merekrut karyawan agar pemasukan bertambah. Tapi dari itu semua, seperti yang dilansir situs jasa desain skystardigital.com bahwa desainer bisa menjadi apa saja selama skill Anda memumpuni untuk menambah pemasukan pada kantong Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar