Rabu, 08 Maret 2017

Ketahui 3 Cara Mudah Mendesain Situs Berita


Dewasa ini, masyarakat kita semakin dimanjakan dengan kemudahan akses informasi dari bermacam-macam media online. Tema tulisan yang diangkat, penulis dari beragam latar belakang, dan target pembaca yang dicari sebenarnya sudah sangat menarik. Namun, tak bisa kita pungkiri, minat membaca masyarakat kita masih rendah.



Akar dari masalah ini bisa bermula dari visualisasi media online yang monoton. Belum ada variasi tampilan situs berita yang saat ini sudah keren, mengingat masih banyak yang menerapkan outline yang mirip koran sesungguhnya. Site navigation di dalamnya pun masih belum mengalir dengan lancar yang mengakibatkan menurunnya minat masyarakat pada media bacaan.

Nah, jika Anda adalah seorang desainer yang peduli pada kondisi ini, mungkin saatnya menggunakan keahlian grafis Anda untuk sedikit memperbaiki desain situs berita yang terkesan monoton ini. Berikut tiga trik mendesain situs berita yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.


1. Jelas dan Responsif

Belajarlah dari Time. Situs berita yang mendunia ini sangat memanjakan pembacanya. Pertama, dengan menampilkan hierarki tipografi yang matang (mulai dari headline dengan ukuran font lebih besar kemudian semakin mengecil saat mengacu ke berita yang lebih sepele), gambar yang menarik perhatian, dan pembagian kolom yang rapi.

Selebihnya, laman Time juga responsif, yang artinya tampilan situs tersebut bisa menyesuaikan ukuran layar gadget Anda saat mengakses situs tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama, mobile view sudah menjadi fokus utama pennyedia situs, karena orang lebih dekat dengan smartphone ketimbang PC atau laptop.

Karena kebanyakan orang cenderung mengakses situs berita tersebut lewat link yang dibagikan di media sosial atau lewat RSS Feed, maka sudah seharusnya desain tata letak situs berita ini harus diprioritaskan agar banyak orang yang membuka situs berita tersebut.

2. Sediakan Space Untuk Iklan

Mengingat kebanyakan situs berita online menggantungkan 'nyawa'-nya pada iklan, maka sediakan lahan iklan yang strategis. Tetapi tetaplah idealis, jangan sampai iklan tersebut merusak estetika tampilan situs Anda. Banyak sekali situs berita yang memiliki penempatan space ad yang buruk dan saling tumpuk.

Belum lagi beberapa banner dari pengiklan tidak menarik secara visual dan kurang padu dengan tata letak dan desain dari situs berita tersebut. Untuk mengakali hal ini, Anda bisa menyeleksi jenis iklan yang masuk di situs berita Anda. Anda boleh-boleh saja memprioritaskan sponsor dari perusahaan yang besar, mengingat biasanya mereka sudah 'melek' desain.

3. Tidak Semua Punya Bandwidth Besar dan Gadget Canggih

Setiap pemilik situs tentunya sangat ingin memiliki situs yang UX-friendly, dengan menerapkan pemrograman yang lebih rumit. Tapi sebagai desainer, adalah tugas Anda untuk tidak gegabah mengeksekusi ide tersebut.

Anda perlu mempertimbangkan sebuah fakta bahwa di luar sana, banyak pengguna internet yang hanya memiliki gadget dengan hardware yang terbatas, sehingga kemampuan page rendering dan tugas-tugas terkait pun juga minim.

Anda juga harus memikirkan mereka yang kesenangan berselancarnya tergantung pada bandwidth yang lemah. Semisal laman situs berita Anda tidak termuat secara sempurna dalam waktu 30 detik dengan bandwidth rendah, lebih baik buang elemen-elemen yang tidak perlu karena hal ini bisa membuat pengunjung situs Anda berpaling ke yang lain.


Secara singkat, itulah tiga trik sederhana untuk mendesain situs berita yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda. Dilansir situs jasa desain company profile, tidak salah apabila Anda berprinsip bahwa yang terpenting dari situs berita adalah informasinya. Tapi desain bukan hal yang patut dianaktirikan, mengingat desain bisa membantu informasi tersebut mudah diterima pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar