Senin, 06 Maret 2017

Mengapa Anda Harus Memiliki Landing Page? Ini Alasannya!


Mungkin terlihat sederhana, namun sayangnya tidak semua orang mengerti dan memahami peranan sebuah landing page. Yup, landing page adalah sesuatu yang lebih efektif dalam iklan maupun desain grafis bahkan pada website sekalipun agar user Anda tahu dan mengerti tentang peranan Anda dalam dunia maya. Maka dari itu, ayo perdalam pemahaman Anda tentang landing page berikut ini.



Apa itu Landing Page?

Landing page pada dasarnya tak hanya sebuah laman dalam sebuah website, tetapi juga bisa berbentuk pop-up page yang gunanya untuk mempengaruhi perngunjung situs Anda untuk melakukan sesuatu. Pop up ini dibuat bukan hanya asal-asalan tapi memiliki konsep yang matang berdasarkan brand dan siapa Anda sebenarnya, karena dalam landing page ini bisa mendeskripsikan Anda secara sempurna di mata user yang melihat landing page Anda.

Banyak yang masih menyamakan landing page dan home page, padahal keduanya adalah dua elemen yang berbeda. Bahkan, apabila saat ini Anda masih memfungsikan home page sebagai landing page, itu artinya selama ini Anda sudah merugi. Alasannya simpel, karena home page tidak didesain untuk memprovokasi pengunjung website Anda, tetapi lebih pada media pengenalan bisnis atau perusahaan Anda, khususnya saat user memasuki website Anda, maka Home Page bisa digunakan sebagai pintu masuk yang berisikan informasi awal tentang brand dan perusahaan Anda.

Mari gunakan analogi untuk lebih memudahkan pemahaman Anda. Kalau website diibaratkan sebagai sebuah toko, maka home page akan membuat orang-orang mengagumi website Anda, namun mereka tidak akan tertarik begitu saja untuk membeli produk atau jasa Anda. Bisa jadi, lapak Anda akan dilewati begitu saja. Maka dari itu, Anda perlu landing page untuk mempengaruhi orang memenuhi kehendak Anda.


Dilansir situs jasa pembuatan company profile, landing page lebih dari sebuah laman untuk mengarahkan visitor. Sebaliknya, landing page juga memegang kontrol dari perhatian visitor dan papan informasi yang mudah dipahami. Tidak ada cara terbaik sejauh ini selain mengubah pengunjung menjadi pelanggan potensial. Oleh sebab itu, desain landing page harus bisa efektif menyampaikan pesan Anda, memiliki call to action yang menarik, dan memberikan penawaran yang menggoda.

Pembuatan landing page ini juga haruslah dipersiapkan dengan semaksimal mungkin, dengan menampung informasi terpenting dan wajib diketahui pengunjung situs Anda secepatnya. Jangan sampai desain landing page Anda membuat orang bosan atau malah tidak tertarik sama sekali membacanya. Pastikan juga landing page Anda mencantumkan link beragam media sosial agar orang lain bisa turut menyebarkan kabar gembira dari Anda di landing page.

Kembali ke pertanyaan yang sering diajukan banyak orang, 'apakah landing page itu penting?' tentu saja. Maka dari itu buatlah landing page yang memuat informasi secara menyeluruh dan usahakan didesain dengan maksimal agar semua user tahu tujuan dari brand Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar